6 Makanan Khas Banyuwangi Yang Menggugah Selera

RekomendasiWisataa.com – Sebagai kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa, Banyuwangi tidak hanya memiliki panorama alam yang begitu indah. Kabupaten yang dikenal dengan The Sunrise Of Java ini juga memiliki beberapa makanan khas Banyuwangi yang menggugah selera makan kamu. Apa saja makanan khas tersebut? simak ulasan ini hingga akhir ya.

Apa Saja Makanan Khas Banyuwangi?

Ketika kamu berkunjung ke Banyuwangi, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner Banyuwangi yang kaya akan cita rasa yang akan menggoyang lidah dan menggugah selesar makan. Kamu juga bisa menemukan beragam oleh oleh khas Banyuwangi yang unik sebagai buah tangan untuk kawan ataupun keluarga.

Baca Juga: 7 Toko Oleh Oleh Banyuwangi Terlengkap

Berbicara tentang kuliner khas banyuwangi, berikut ini adalah 6 makanan khas banyuwangi yang wajib kamu coba.

Sego Tempong

sego tempong makanan khas banyuwangi

Sego tempong atau dalam bahasa Indonesia disebut nasi tempong merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang memiliki cita rasa pedas yang akan membuat bibir mu seperti ditampar karena sensasi pedasnya. Jadi buat kamu yang suka sekali dengan makanan pedas, kuliner satu ini wajib kamu coba ketika kamu berkunjung ke Banyuwangi.

Ciri Khas Sego Tempong

Ciri khas dari kuliner ini adalah sambalnya yang berwarna merah dan tampak segar. Ditambah dengan sayuran hijau yang diolah hanya dengan cara direbus saja (warga Banyuwangi menyebutnya kulupan). Tidak lupa juga lauk wajib berupa ikan asin dan juga bakwan jagung goreng atau biasa disebut dengan nama gimbal jagung oleh warga lokal akan menambah kenikmatan makanan khas Banyuwangi ini

Warung Sego Tempong di Banyuwangi

Berikut ini beberapa rekomendasi warung Sego Tempong yang bisa kamu kunjungi ketika sedang berada di Banyuwangi:

  • Warung Sego Tempong Mbok Wah:
    Lokasinya berada Jl. Gembrung Lingkungan Watu Ulo Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah. Warung ini buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.
  • Warung Sego Tempong Mbok Nah:
    Beralamatkan di Jl. Kolonel Sugiono No.16, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. buka mulai pukul 08.00 – 00.00 WIB
  • Warung Sego Tempong Mak Ndut:
    Lokasinya tidak jauh dari waruh sego tempong mbok Nah. Lokasinya ada di Jl. Kolonel Sugiono, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jam buka warung ini ini mulai pukul 10.00 – 23.00 WIB

Baca Juga: 5 Tips menikmati Nasi Tempong: Dari Bekal Sawah Legendaris Jadi Kuliner Hits!

Sego Cawuk

sego cawuk makanan khas banyuwangi

Sego cawuk atau nasi Cawuk adalah menu kuliner yang biasanya santap untuk sarapan, dan penyajian dari makanan khas Banyuwangi satu ini biasanya menggunakan daun pisang. Nama sego Cawuk itu sendiri diambil dari tata cara makan kuliner ini yang langsung menggunakan tangan tanpa sendok atau biasa disebut dengan istilah “Cawuk” oleh warga Banyuwangi.

Tips Berburu Sego Cawuk

Untuk bisa menikmati kuliner khas Banyuwangi ini kamu harus bangun lebih pagi. Alasannya karena menu kuliner ini adalah menu untuk sarapan, jadi jika kamu terlambat maka akan kehabisan dan harus menunggu esok hari lagi. satu porsi sego cawuk terdiri dari nasi putih biasa yang diberi trancam (kuah santan cair berisi irisan mentimun, jagung bakar, parutan kelapa), sayur tahu, pepes ikan tuna, telur pindang dan kerupuk.

Warung Sego Cawuk

Berikut ini beberapa rekomendasi warung sego cawuk yang ada di Banyuwangi

  • Warung sego cawuk Bu Sri:
    Berada di Jalan Kyai Saleh No. 14, Kelurahan Kepatihan, Banyuwangi. Warung sego cawuk bu Sri ini sudah berjualan sejak tahun 1993 dan buka setiap hari mulai pukul 05.30 – 10.30 WIB
  • Warung sego cawuk Mifta:
    Alamatnya ada di Dulur isun kedai selatan A12a, Dilangkahi, Jl. Kepiting, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Buka mulai pukul 06.30 – 11.00 WIB

Pecel Pitik

pecel pitik makanan khas banyuwangi

Mungkin kamu akan langsung membayangkan makanan pecel pada umumnya ketika mendengar kata pecel. Tapi pecel pitik ini sangat jauh berbeda dari apa yang kamu bayangkan. Berbahan dasar ayam kampung yang di panggang dicampur dengan berbagai bumbu ini akan membuat kamu untuk mencicipi makanan khas Banyuwangi satu ini.

Keunikan Pecel Pitik

Pada awalnya kuliner pecel pitik ini hanya bisa ditemukan hanya pada saat ada upacara adat suku Osing, dan menurut para sesepuh suku Osing, kuliner ini termasuk kuliner sakral. Nama pecel pitik sendiri memiliki filosofi “Kang di ucel-ucel saben dinane ingkang apik” atau yang artinya “Yang dilakukan setiap hari adalah hal-hal baik

Bahan dasar dari kuliner Banyuwangi ini adalah satu ekor ayam kampung yang masih muda kemudian di panggang diperapian. Selanjutnya ayam tersebut akan di suwir dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti cabai rawit, kemiri, daun jeruk dan gula jawa. Terakhir diberi juga campuran parutan kelapa untuk menambah kelezatan kuliner ini.

Dimana bisa mendapatkan kuliner pecel Pitik?

Saat ini, banyak warung makan ataupun restoran yang menyediakan menu pecel pitik di daftar menu mereka. Jadi buat kamu yang penasaran dengan gurih dan lezatnya kuliner ini, tidak perlu lagi menunggu ada upacara adat suku Osing untuk bisa menikmatinya.

Rujak Soto

rujak-soto-makanan-khas-banyuwangi

Soto dirujak? Mungkin bagi sebagai orang akan bertanya-tanya bagaimana rasanya soto dirujak. Tapi percayalah, ketika kamu sudah mencicipi hidangan ini, dijamin kamu pasti akan nambah lagi.

Makanan khas Banyuwangi ini bukan soto yang dirujak, melainkan perpaduan antara dua jenis makanan yang berbeda menjadi satu. Rujak yang dimaksud di sini bukan rujak yang berbahan buah, melainkan rujak sayur dengan bahan kacang tanah yang di uleg dan di campur dengan sayuran rebus. Perpaduan antara rujak sayur yang di lengkapi dengan petis udang kemudian di tambah dengan kuah dari soto babat, akan menimbulkan tampilan berbeda yang tentunya menjadi data tarik dari kuliner ini.

Karateristik Rujak Sayur Khas Jawa Timur

Salah satu karakteristik rujak sayur khas Jawa Timur adalah bahan yang digunakan tidak seperti pada umumnya, seperti petis dan pisang klutuk (pisang batu). Petis sendiri berbeda dengan terasi, dibuat dari rebusan kepala udang yang kemudian dicampur dengan gula jawa dan hanya bisa ditemui di wilayah pesisir jawa timur.

Dimana Bisa Mencoba Rujak Soto?

Tidak sulit untuk menemukan warung penjual rujak soto di Banyuwangi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi warung penjual rujak soto di Banyuwangi

  • Warung rujak soto Loasri:
    Warung ini berlokasi di Jl. Losari No.39, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi atau tepatnya di belakang Masjid Agung Baiturrahman. Buka mulai hari Selasa – Minggu pukul 09.00-15.00 WIB. Untuk hari Senin Tutup.

Pindang Koyong

pindang koyong makanan khas banyuwangi

Sebagai daerah yang memiliki garis pantai yang panjang, hasil laut kabupaten Banyuwangipun terbilang cukup melimpah. Jadi tidak salah rasanya jika terdapat kuliner yang berbahan dari jenis ikan. Pindang Koyong, merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang berbahan dasar ikan laut.

Cita Rasa Seafood Berkuah

Sepintas menu kuliner ini mirip sekali dengan soto ikan. Bahan dasar ikan yg digunakan biasanya jenis ikan tongkol atau tengiri, tetapi kadang juga sejenis ikan kuegerong (giant travelly).

Untuk bumbu-bumbu yang digunakan tidak terlalu sulit didapatkan, seperti garam, gula pasir, merica, bawang putih, bawang merah, lengkuas, serai, jahe, kunyit dan sebagainya. Ditambah blimbing wuluh untuk menghilangkan bau amis ikan dan menambah kesegaran dari kuah kuliner ini.

Kuliner ini biasanya dinikmati bersama dengan nasi ketika siang hari saat terik. Hal ini dikarenakan adanya belimbing wuluh yang membuat kuliner ini terasa segar.

Uyah Asem

uyah asem makanan khas banyuwangi

Uyah asem atau lebih dikenal dengan kesrut, merupakan salah satu makanan khas banyuwangi. Sepintas tampilan uyah asem ini mirip dengan  sop, tetapi rasa kuahnya pedas dan asam.

Bahan utama dari kuliner ini adalah ayam kampung yang direbus dengan bumbu-bumbu seperti cabe merah, cabe rawit, tomat, gula dan garam yang sebelumnya sudah dihaluskan. Dan tidak ketinggalan juga belimbing wuluh untuk menambah kesan segar pada kuliner ini.

Rasa asam, gurih dan pedas sangat tepat jika dinikmati bersama dengan nasi, sambal dan kerupuk ketika suana panas terik. Jika kamu sedang berada di Banyuwangi, kamu bisa menikmati kuliner ini di Pondok Makan Bu Erni yang beralamatkan di Jl. Raya Glagah Dusun Jambean Kecamatan Glagah.

 Akhir Kata

Kabupaten Banyuwangi memang terkenal dengan berbagai destinasi wisatanya, baik wisata alam maupun wisata kuliner. Mulai dari hidangan lezat hingga camilan yang menggugah selera, dan pastinya ke-6 makanan khas Banyuwangi diatas tersebut harus kamu coba ketika berkunjung ke kabupaten dengan julukan Sunrise Of Java ini.

Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada teman ataupun keluarga dan sampai ketemu di Rekomendasi Wisata lainnya yang pastinya menarik untuk di simak.

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *