5 Rekomendasi Tempat Wisata Di Jawa Timur

RekomendasiWisata.com – Mau tau 5 tempat wisata di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi? Jawa Timur Merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki banyak sekali destinasi wisata. Dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan kaya akan budaya. Nah, kali ini rekomendasi wisata akan mengajak kamu untuk jalan-jalan ke provinsi Jawa Timur untuk eksplorasi wisata alam yang ada. Penasaran? simak terus artikel ini sampai akhir.

5 Tempat Wisata di Jawa Timur

Berikut ini adalah 5 rekomendasi tempat wisata yang ada di Jawa Timur.

Air Terjun Kapas Biru – Lumajang

air terjun kapas biru tempat wisata di jawa timur

Tempat wisata di Jawa Timur yang pertama adalah Air Terjun Kapas Biru atau lebih dikenal dengan sebutan Coban Kapas Biru. Air terjun ini terletak di Dusun Mulyoharjo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, JATIM. Berjarak sekitar 51,6 Kilometer dari pusat kota lumajang.

Dibuka untuk umum pada tahun 2015, dan perkiraan memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Air terjun ini terdiri dari 2 tingkat, dimana tingkat bawah memiliki ketinggian sekitar 90 meter dan tingkat atas memiliki ketinggian sekitar 10 meter serta di apit oleh 2 tebing dimana aliran dari air terjun ini berasal dari aliran anak sungai Besukbang atau sungai lengkong yang hulunya terletak di kaki gunung Semeru.

Berada di 500 Meter diatas permukaan laut, air terjun ini menawarkan pemandangan yang sangat indah karena dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi berwarna coklat kemerahan dengan hiasan lumut hijau dan rerimbunan pohon-pohon yang ada disekitar air terjun.

Ketika memasukin musim penghujan, pengunjung dilarang berada tepat dibawah aliran air terjun. Hal tersebut dikarenakan debit air ketika musim hujan sangat tinggi sehingga aliran air terjun sangat deras dan terlalu berbahaya bagi para pengunjung jika berada dibawah guyuran air terjun ini.

Sumber : wikipedia

Sarkawi Sumberurip – Lumajang

sarkawi sumberurip tempat wisata di jawa timur

Sarkawi merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Lumajang, tepatnya di Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo. Bagi kamu yang suka dengan destinasi wisata pegunungan, object wisata ini sangat cocok karena memiliki lanskap Gunung Semeru dari panorama yang tak biasa.

Dari sini, kita bisa menyaksikan langsung kemegahan Gunung Semeru dari angle yang berbeda. Minum kopi sambil menyaksikan kemegahan gunung Semeru, pastinya menjadi hal yang menenangkan ketika berada disini. Hamparan rumput hijau dilengkapi dengan bebatuan kecil dan aliran sungai disekitar lokasi object wisata akan menambah keasriannya.

Bagi kamu yang suka wisata adrenalin, kamu bisa mencoba aktivitas rafting atau lava tour. Tersedia juga paket Gampling (Glamour Camping) bagi pengunjung yang ingin menikmati suana alam ketika malam hari. Menyaksikan taburan bintang langsung dialam tentunya memberikan cerita yang tidak akan bisa dilupakan.

Savana Bromo – Probolinggo

padang savana wisata gunung bromo

Savana Bromo merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang layak untuk kita kunjungi yang kawasan Taman nasional Tengger Semeru. Savana Bromo ini merupakan salah satu tempat yang menarik dari 6 tempat wisata di Gunung Bromo.

Padang Savana tidak hanya berupa padang rumput saja, tetapi juga terdiri dari perbukitan yang mana bukit-bukti tersebut oleh warga sekitar di sebut bukti Teletubbies. Hal tersebut karena bukti-bukti tersebut mirip dengan serial anak-anak teletubbies.

Mungkin masih segat di ingatan kita bahwa beberapa waktu yang lalu sempat terjadi musibah di padang Savana ini, dimana telah terjadi kebakaran hebat yang disebabkan oleh flare dari salah satu pengunjung yang sedang melaksanakan foto prewedding. Luas lokasi yang terdampak pun tidak main-main, sekitar 900 hektare lebih wilayah padang savana habis terbakar.

Namun kini tempat wisata di Jawa Timur ini sudah kembali menghijau dengan tumbuhnya rumput-rumput baru pasca kejadian kebakaran tersebut.

Pulau Tabuhan – Banyuwangi

pulau tabuhan tempat wisata di jawa timur

Tempat wisata di Jawa Timur berikut yang menawarkan keindahan alam berada di kabupaten paling ujung timur pulau Jawa, Banyuwangi. Terletak di wilayah desa Bangsring, kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Banyuwangi memang menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang akan membuat kita ingin kembali lagi ke sana. Salah satunya adalah Pulau Tabuhan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah laut yang menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa. Pulau yang memiliki luas sekitar 5-6 hektar dan memiliki pemandangan laut biru dan sport snorkling dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat memukau.

Akses untuk menuju ke objek wisata yang terletak 25 km dari pusat kota Banyuwangi ini cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum menuju desa Bangsring. Dari Desa Bansring, perjalanan lanjut menggunakan perahu ataupun speed boat yang sudah disediakan untuk menuju ke pulau Tabuhan.

Kawah Ijen – Banyuwangi

kawah ijen tempat wisata jawa timur

Tempat wisata Jawa Timur kali ini tentunya sudah sangat familiar bagi para pecinta hiking. Gunung Ijen, merupakan salah satu gunung merapi aktif yang terletak di perbatasan antara Banyuwangi dengan Bondowoso. Memiliki ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut, gunung ini memiliki kawah dimana terdapat fenomena alam yang sangat mendunia yaitu blue fire atau api biru.

Terdapat sebuah danau di kawah nya dengan luas mencapai 5.466 hektare dengan kedalaman danau kurang lebih 200 meter. Dengan luas dan kedalaman tersebut, danau kawah ijen menjadi danau air asam terluas di seluruh dunia.

Tertarik dengan 5 Wisata Jawa Timur Di Atas?

Itulah ke-5 tempat wisata di jawa timur yang tentunya menawarkan pemandangan alam yang tentunya bisa membuat kita ingin kembali lagi untuk berkunjung. Selain ke-5 destinasi wisata di atas, Jawa Timur masih banyak menyimpan objek wisata yang akan membuat kita terkagum-kagum akan keindahannya.

Segera bikin jadwal liburanmu bersama teman ataupun keluarga dan sampai ketemu pada Rekomendasi Wisata berikutnya yang tentunya lebih menarik.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *