7 Toko Oleh Oleh Banyuwangi Terlengkap

RekomendasiWisata.com – Banyuwangi tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tapi juga ragam oleh-oleh khas yang unik dan lezat. Bagi Anda yang ingin membawa pulang kenangan istimewa dari Banyuwangi, berikut 7 toko oleh oleh Banyuwangi terlengkap yang wajib Anda kunjungi.

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Sebagai kabupaten yang terkenal dengan keindahan alamnya, Banyuwangi juga memiliki berbagai

Bolu Klemben

Bolu klemben adalah kue tradisional khas Banyuwangi yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula. Kue ini memiliki bentuk yang bulat dan pipih, dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Bolu klemben biasanya disajikan dengan taburan gula halus.

Tidak terlalu susah jika ingin mencicipi camilan ini, karena hampir seluruh toko oleh oleh Banyuwangi menjual Bolu Klemben asli Banyuwangi ini.

Bagiak

Kue bagiak khas Banyuwangi renyah

Bagiak terbuat dari tepung sagu, kelapa parut, dan beberapa bumbu rempah pilihan. Perpaduan bahan-bahan ini menghasilkan kue kering dengan bentuk lonjong dan panjang, berwarna kuning kecoklatan, dan aroma harum yang menggoda.

Kue kering ini memiliki tekstur yang unik dan rasa yang lezat menjadikannya primadona bagi para wisatawan. Lebih dari sekadar camilan, Bagiak merupakan simbol keramahtamahan dan kearifan lokal Banyuwangi.

Karena kue ini memang identik camilan khas dari Banyuwangi, maka tidak sulit untuk menemukan toko oleh oleh Banyuwangi yang menjual camilan ini.

Baca Juga: Kue Bagiak Khas Banyuwangi: Lebih dari Sekedar Oleh-Oleh

Ladrang Ungu

Ladrang ungu adalah keripik khas Banyuwangi yang terbuat dari singkong ungu. Keripik ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, serta warna ungu yang cantik. Ladrang ungu cocok dinikmati sebagai camilan atau sebagai lauk makan nasi.

Kopai Osing

Kopai (bahasa osing) atau kopi osing merupakan kopi andalan desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi. Kopi ini di klaim sebagai kopi paling enak di dunia. Rahasia kenikmatan kopi osing ini terletak pada proses pengolahannya.

Biji kopi tanpa di cuci kemudian di pilih biji kopi yang besarnya sama. Hal ini bertujuan agar kematangan biji kopi ketika di goreng bisa bersama-sama dan merata. Kemudian biji kopi di olah dengan cara di sangrai pada wajan yang terbuat dari tanah lihat dan tungku api kayu selama 15 menit.

Hampir semua toko oleh oleh Banyuwangi menjual kopi ini, jadi buat kamu pecinta kopi nggak perlu bingung cara mendapatkannya.

Untir-untir

Untir-untir merupakan salah satu camilan yang ada di Banyuwangi. Terbuat dari tepung terigu dan bumbu pilihan, untir-untir menghadirkan tekstur renyah. Kue untir-untir ini juga memiliki julukan lain yaitu Pluntir dan Kue Tambang karena bentuknya memang seperti tali tambang.

Batik Gajah Oling

Gajah oling merupakan motif batik asli Banyuwangi. Motif batik ini termasuk yang paling tua di antara motif batik lainnya. Alasan dinamakan Gajah Oling karena motif ini seakan menyerupai belalai Gajah dan sekaligus seperti menyerupai oling (sidat).

Tidak begitu sulit untuk menemukan batik ini, karena beberapa toko oleh oleh Banyuwangi banyak yang menjual batik ini.

Pia Glenmore

Pia Glenmore sekilas tampak seperti pia pada umumnya. Namun, yang membuatnya istimewa adalah kulitnya yang kering dan renyah, serta isiannya yang begitu melimpah. Tidak seperti pia pada umumnya yang cenderung berminyak, Pia Glenmore memiliki tekstur kulit yang lebih bersahabat di mulut

Baca Juga: 6 Makanan Khas Banyuwangi Yang Wajib Dicoba

Rekomendasi Toko Oleh Oleh Banyuwangi

Osing Deles

Toko oleh oleh banyuwangi ini menawarkan berbagai oleh-oleh khas Banyuwangi, mulai dari makanan ringan, seperti Sale Pisang, Pia Glenmore, Kripik Tempe, hingga Kopi Osing. Osing Deles juga menyediakan kerajinan tangan, seperti Batik Osing, Anyaman Bambu, dan Topeng Gandrung.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang ingin merasakan makanan khas asli banyuwangi, di sini juga tersedia resto dengan berbagai menu makanan asli Banyuwangi.

Osing deles toko oleh oleh banyuwangi

  • Alamat: Jl. K.H. Agus Salim No.12A, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam Operasional : Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB

Oleh-Oleh Khas Banyuwangi “Pelangi Sari”

Toko ini terkenal dengan kue khas Banyuwangi, seperti Bagiak Gajah Oling, Kue Talam, dan Lemper Salim. Pelangi Sari juga menjual minuman khas Banyuwangi, seperti Es Degan dan Wedang Secang.

pelangi sari toko oleh oleh banyuwangi

  • Alamat : Jl. Letkol I Gusti Ngurah Rai No.16, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam Operasional : Buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB

Istana Gandrung

Sesuai namanya, toko ini fokus pada produk-produk bertema Gandrung, seperti Batik Gandrung, Topeng Gandrung, dan Aksesoris Gandrung. Istana Gandrung juga menyediakan oleh-oleh khas Banyuwangi lainnya, seperti Kopi Osing dan Sale Pisang.

istana gandrung toko oleh oleh banyuwangi

  • Alamat : Jl. Raya Jember Km 7, Dadapan, Kabat, Dusun Krajan, Dadapan, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam Operasional : Buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB

Sun Osing

Toko oleh oleh Banyuwangi ini terkenal dengan Pia Glenmore, kue kering khas Banyuwangi yang terbuat dari kacang hijau dan tepung. Sun Osing juga menyediakan berbagai macam keripik, seperti Kripik Singkong, Kripik Kentang, dan Kripik Talas.

  • Alamat : Jl. Raya Banyuwangi Situbondo No.112 Depan Terminal Sritanjung, Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam Operasional : Buka setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB

Wong Osing Banyuwangi

Toko oleh oleh Banyuwangi yang satu ini menawarkan oleh-oleh khas Banyuwangi dengan harga yang terjangkau. Anda dapat menemukan berbagai macam makanan ringan, seperti Sale Pisang, Kripik Tempe, dan Kacang Koro. Wong Osing Banyuwangi juga menjual kerajinan tangan dan pakaian khas Banyuwangi.

  • Alamat : Pancoran Kulon, Rogojampi, Kec. Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam Operasional : Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB

Ardial Banyuwangi

Toko ini fokus pada produk-produk organik, seperti Kopi Osing, Kacang Koro, dan Madu Hutan. Ardial Banyuwangi juga menyediakan berbagai macam rempah-rempah, seperti Lada Hitam, Vanili, dan Cengkeh.

  • Alamat : Jl. Basuki Rahmat, Singotrunan, Kec. Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam Operasional : Buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 21.00 WIB

Gajah Oling

Toko oleh oleh Banyuwangi ini terkenal dengan Bagiak Gajah Oling, kue tradisional khas Banyuwangi yang terbuat dari tepung, gula, dan kelapa. Gajah Oling juga menyediakan berbagai macam jajanan pasar, seperti Onde-onde, Klepon, dan Lemper.

bagiak gajah oling

  • Alamat : Jl. Imam Bonjol No.34, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam Operasional : Buka setiap hari mulai pukul 06.00 – 21.30 WIB

Umah Batik Sayu Wiwit

Umah batik Sayu Wiwit fokus menjual berbagai macam kain batik asli buatan warga lokal Banyuwangi. Berbagai motif batik mulai dari Gajah Oling, motif kangkung yang rumit, hingga motif kontemporer dengan sentuhan modern tersedia di sini.

rumah batik sayu wiwit toko oleh oleh banyuwangi

  • Alamat :Jl. Sayu Wiwit, Temenggungan, Kp. Melayu, Kec. Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam Operasional : Buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 20.00 WIB

Akhir Kata

Banyuwangi menawarkan berbagai oleh-oleh unik dan lezat yang dapat Anda temukan di 7 toko oleh oleh Banyuwangi di atas. Pastikan Anda memilih oleh-oleh yang sesuai dengan selera Anda dan orang-terkasih. Selamat berbelanja

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *