Obyek Wisata Curug Sibedil: Curug Cantik Di Kaki Gunung Slamet

RekomendasiWisata.com – Ingin terlepas sejenak dari hiruk pikuk kota? Curug atau air terjun bisa jadi pilihan tepat untuk liburan. Nah, kalau kamu lagi jalan-jalan di Pemalang, Jawa Tengah, ada hidden gem yang wajib kamu kunjungi: Obyek Wisata Curug Sibedil. Dijamin, air terjun yang cantik dan alami ini bakal bikin kamu kepengen balik lagi ke sini.

Pesona Alam Obyek Wisata Curug Sibedil

Air terjun obyek wisata curug sibedil

Obyek Wisata Curug Sibedil berada di lereng Gunung Slamet, tepatnya di Dusun Karangbulu, Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Meskipun objek wisata ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah, namun keindahan Curug Sibedil sudah menarik banyak sekali wisatawan untuk datang ketempat ini.

Saat tiba di lokasi, bersiaplah untuk takjub dengan panorama alam yang begitu asri. Suasana pegunungan yang sejuk dan air terjun yang mengalir jernih langsung menyambut kedatanganmu. Curug Sibedil terdiri dari beberapa air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter. Debit airnya yang tidak terlalu deras justru semakin menambah kesan damai dan menenangkan ketika kamu berkunjung ke tempat ini.

Asal Usul Nama Curug Sibedil yang Unik

Dikutip dari situs resmi Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah, Nama curug sibedil diambil dari sebuah batu yang ada di dekat air terjun yang menyerupai laras meriam, yang dalam bahasa jawa disebut dengan “Bedil”. Oleh warga setempat, batu tersebut juga sering di sebut dengan sebutan “Batu Bedil”.

Terlepas dari adanya batu yang menyerupai laras meriam, ada cerita yang beredar di kalangan warga setempat. Menurut cerita, pada zaman dulu setiap malam jum’at kliwon sering kali terdengar suara tembakan seperti meriam yang berasal dari batu bedil tersebut. Tentu saja cerita ini menambah daya tarik tersendiri bagi curug sibedil ini.

Akses Menuju Obyek Wisata Curug Sibedil

Untuk bisa sampai di lokasi curug sibedil, dibutuhkan sedikit usaha ekstra dikarenakan kondisi dari rute menuju objek wisata ini yang sedikit menantang dengan kondisi jalan yang belum diaspal dan hanya bisa dilalui dengan cara berjalan kaki atau menggunakan motor. Namun dibalik itu, rute menuju obyek wisata curug sibedil ini bisa menjadi salah satu keseruan yang tak kan terlupakan.

Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang asri dengan udara yang segar khas pegunungan yang akan membuat pikiran menjadi lebih fresh. Untuk kamu yang baru pertama kali ke tempat ini, kamu bisa mengikuti petunjuk arah atau bertanya kepada warga setempat untuk mempermudah perjalanan menuju lokasi curug sibedil.

Baca Juga: Wisata Curug Naga: Jelajahi 3 Air Terjun Menantang di Bogor

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

Beberapa aktifitas yang bisa kamu lakukan di lokasi Curug sibedil ini antara lain :

Bermain Di Bawah Aliran Air Terjun

aliran air obyek wisata curug sibedil

Setelah tiba di lokasi curug sibedil ini, kamu bisa melakukan beberapa aktifitas seperti bermain air di bawah aliran air terjun. Dengan debit air yang tidak terlalu tinggi membuat aliran dari curug sibedil ini tidak terlalu deras, membuat aktifitas yang dilakukan menjadi aman dan nyaman, terutama untuk anak-anak.

Bermain air di bawah Curug Sibedil cocok untuk meredakan penat dan menghilangkan stres. Kesegaran air pegunungan yang ada di obyek wisata curug sibedil ini akan membuatmu merasa seakan-akan baru terlahi kedunia.

Spot Foto Instagramable di Curug Sibedil

Selain bermain air, Curug Sibedil juga menawarkan spot foto instagramable yang kece. Pemandangan air terjun yang dikelilingi pepohonan hijau sangat eye catching di kamera.

Tak hanya itu, bebatuan di sekitar curug juga bisa menjadi spot foto yang menarik. Abadikan momen seru liburanmu di Curug Sibedil dengan hasil foto yang aesthetic. Pasti bakal banjir like di media sosial!

Berpiknik Santai Menikmati Indahnya Alam

Curug Sibedil cocok banget untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga atau teman. Hamparan rumput hijau di sekitar air terjun bisa menjadi tempat yang nyaman untuk menggelar tikar dan bersantai.

Sambil menikmati pemandangan air terjun yang mempesona, kamu bisa menikmati bekal yang sudah dibawa. Suara gemericik air terjun menambah suasana piknik semakin syahdu. Nikmati kebersamaan dengan orang tersayang di tengah keindahan alam Curug Sibedil.

Fasilitas di Obyek Wisata Curug Sibedil

Sebagai tempat wisata yang belum dikelola secara resmi, fasilitas di Obyek Wisata Curug Sibedil masih terbilang terbatas. Belum ada warung makan atau toilet yang tersedia di lokasi wisata ini.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Selain itu, jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya agar kebersihan Obyek Wisata Curug Sibedil tetap terjaga.

Tips Berkunjung ke Curug Sibedil

  • Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman: Medan menuju Curug Sibedil belum beraspal, jadi disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan memiliki grip yang baik. Selain itu, kenakan pakaian yang menyerap keringat dan sesuai untuk aktivitas outdoor.
  • Datang pada musim kemarau: Debit air Curug Sibedil akan lebih aman untuk bermain air saat musim kemarau. Pada musim hujan, debit air bisa menjadi lebih deras dan arus sungai menjadi lebih deras.
  • Jaga kelestarian alam: Curug Sibedil merupakan tempat wisata alam yang masih asri. Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan dan hindari merusak tumbuhan atau bebatuan yang ada di sekitar air terjun.
  • Bawa kamera: Pemandangan Curug Sibedil yang cantik wajib untuk diabadikan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen seru liburanmu di tempat wisata ini.

Penginapan di Sekitar Curug Sibedil

Meskipun Curug Sibedil berada di daerah pegunungan, tidak perlu khawatir karena ada beberapa penginapan yang bisa kamu pilih. Mulai dari homestay hingga hotel tersedia di daerah Moga, Pemalang. Kamu bisa menyesuaikan penginapan dengan budget dan kebutuhanmu.

Baca Juga: Wisata Curug Panjang: Nikmati Kesejukan Air Terjun dan Keindahan Alam

Bagaimana Menuju Curug Sibedil

Obyek Wisata Curug Sibedil berada di Dusun Karangbulu, Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Jarak tempuh dari pusat kota Pemalang sekitar 40 kilometer.

Akses menuju Obyek Wisata Curug Sibedil bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau mobil. Bagi kamu yang datang dari luar kota, bisa menggunakan Google Maps untuk memudahkan perjalanan.

Akhir Kata

Obyek Wisata Curug Sibedil merupakan hidden gem di Pemalang yang wajib kamu kunjungi. Air terjun yang cantik, suasana alam yang asri, dan perjalanan menuju objek wisata yang menyenangkan membuat liburanmu di Curug Sibedil bakal menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Yuk, rencanakan liburanmu ke Curug Sibedil sekarang bersama teman ataupun keluarga.

Jangan lupa juga untuk membagikan informasi menarik ini kepada siapapun dan sampai ketemu lagi di ulasan rekomendasi wisata lainnya yang tentunya tidak kalah menarik.

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *