Kue Bagiak Khas Banyuwangi: Lebih dari Sekedar Oleh-Oleh

RekomendasiWisata.com – Pasti Pernah Dengar Kue Bagiak khas Banyuwangi kan? Kalian yang pernah berkunjung atau tinggal di Jawa Timur, khususnya daerah Banyuwangi, pasti nggak asing lagi sama camilan yang satu ini. Kue Bagiak, dengan teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis gurih, memang jadi primadona oleh-oleh khas Banyuwangi.

Tapi, tahukah kamu kalau Kue Bagiak ini punya cerita lebih dari sekedar camilan khas daerah? Pada ulasan kali ini, Rekomendai Wisata akan mengajak kamu jalan-jalan ke dunia Kue Bagiak dan mengulik fakta menarik di baliknya kerenyahan dan manis gurihnya kue ini.

Jejak Sejarah Kue Bagiak

Kue bagiak khas Banyuwangi renyah

Ternyata, Kue Bagiak khas Banyuwangi ini tidak muncul begitu saja. Kue ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Konon katanya, resep Kue Bagiak ini berasal dari para pejuang Banyuwangi yang kala itu sedang kekurangan bahan makanan. Akhirny mereka berkreasi dengan menggunakan tepung tapioka, kelapa parut, dan gula sebagai sumber energi.

Setelah Indonesia merdeka, resep Kue Bagiak terus dilestarikan dan diturunkan dari generasi ke generasi. Bahkan, kini Kue Bagiak tak hanya jadi camilan saja, tapi juga menjadi bagian dari identitas budaya Banyuwangi. Nggak heran kalau Kue Bagiak selalu laris manis diburu para wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi sebagai oleh-oleh.

Proses Pembuatan Kue Bagiak Khas Banyuwangi

proses pembuatan kue bagiak khas banyuwangi

Sekilas, mungkin kamu berpikir membuat Kue Bagiak itu gampang. Tinggal campur semua bahan, cetak, lalu goreng, jadi deh. Eits, jangan salah sangka dulu. Proses pembuatan Kue Bagiak khas Banyuwangi ini sebenarnya membutuhkan ketelatenan dan keahlian khusus.

Pertama, tepung tapioka harus disangrai hingga kering dan warnanya berubah kekuningan. Ini penting untuk menghilangkan bau langu dari tepung tapioka. Setelah itu, tepung tapioka dicampur dengan kelapa parut sangrai, gula pasir, dan sedikit garam.

Adonan kemudian dibentuk bulat-bulat pipih dan ditekan menggunakan cetakan khusus. Proses menggoreng Kue Bagiak pun nggak boleh asal-asalan. Minyak harus dipanaskan dengan suhu yang pas agar Kue Bagiak matang merata dan warnanya kuning keemasan yang cantik.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Banyuwangi Yang Wajib Dicoba

Ragam Rasa Kue Bagiak

Kalau dulu Kue Bagiak identik dengan rasa manis gurih, sekarang inovasi para perajin Banyuwangi sudah semakin berkembang. Selain rasa original, kamu bisa menemukan Kue Bagiak dengan rasa kekinian, seperti coklat, keju, bahkan durian!

Buat kamu yang suka rasa pedas, tenang aja. Ada juga Kue Bagiak dengan taburan bubuk cabai yang bikin sensasi pedas nagih. Nggak cuma itu, varian rasa premium seperti green tea dan matcha juga bisa kamu temukan dengan mudah.

Tips Memilih Kue Bagiak yang Enak dan Tahan Lama

Dengan banyaknya penjual Kue Bagiak di Banyuwangi, gimana cara memilih yang enak dan tahan lama untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh? Gampang kok! Perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Warna: Pilih Kue Bagiak dengan warna kuning keemasan yang merata. Ini menandakan Kue Bagiak digoreng dengan sempurna dan tidak gosong.
  • Tekstur: Tekstur Kue Bagiak yang bagus adalah renyah dan tidak alot.
  • Aroma: Aroma wangi khas kelapa dan pandan menjadi ciri khas Kue Bagiak. Hindari yang berbau langu atau tengik.
  • Kemasan: Pilih Kue Bagiak yang dikemas dengan rapi dan kedap udara agar kualitasnya tetap terjaga selama perjalanan.

Lebih dari Sekedar Oleh-Oleh untuk Teman

Kue Bagiak tak hanya cocok sebagai oleh-oleh untuk teman dan keluarga di kampung halaman. Kamu juga bisa menjadikan Kue Bagiak sebagai hantaran ke acara spesial, seperti lamaran atau hantaran lebaran.

Selain itu, Kue Bagiak juga bisa kamu nikmati sendiri saat santai di sore hari ditemani secangkir teh hangat. Rasa manis gurihnya yang pas dijamin bisa bikin kamu semangat menjalani hari.

Sentuhan Modern

Seiring berjalannya waktu, para perajin Kue Bagiak di Banyuwangi terus berinovasi. Mereka nggak hanya fokus pada rasa, tapi juga pada penampilan Kue Bagiak itu sendiri.

Kue Bagiak kini hadir dengan kemasan yang lebih modern dan menarik. Ada yang dikemas dalam toples cantik ataupun box mika yang elegan.

Toko Oleh-oleh Banyuwangi Yang Menjual Kue Bagiak

Buat kamu ingin mencicipi atau ingin membeli kue Bagiak khas Banyuwangi ini untuk oleh-oleh keluarga ataupun temen, berikut ini beberapa rekomendasi toko-toko terbaik yang bisa kamu kunjungi :

Bagiak Gajah Uling

kue bagiak khas banyuwangi gajah oling

Toko “Bagiak Gajah Oling” merupakan salah satu toko ternama di Banyuwangi yang menawarkan Kue Bagiak dengan kualitas premium. Toko ini juga menyediakan berbagai macam produk olahan pisang khas Banyuwangi.

Untuk lokasi tokonya berada di Jl. Imam Bonjol No.34, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 21.30 WIB

Bagiak Kaglo

Toko ini beralamatkan di Gg. KH Bisri, Pengantigan, Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi. Selain Menjual kue Bagiak Khas Banyuwangi, toko ini juga menjual berbagai aneka kue kering seperti sale pisang, rengginang, dasn sebagainya.

Bagiak Kopi

Beralamat di wilayah Suko Pinus Banyuwangi, tepatnya di Gombeng, Gombengsari, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Toko ini buka mulai pukul 06.00 sampai pukul 22.00 WIB.

Selain Menjual kue Bagiak, disini kamu juga bisa menikmati secangkir kopi dan beberapa camilan kue kering lainnya di pinggiran hutan pinus.

Bagiak Bu Nur

Lokasi toko berada di Dsn. Krajan, RT.001/RW.007, Lkr. Kp. Baru, Ketapang, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Selalu buka setiap hari mulai pukul 06.00 sampai 20.00 WIB. Kue Bagiak yang dijual di toko ini seluruhnya merupakan hasil produksi dapur Bu Nur sendiri.

Baca Juga: 7 Toko Oleh Oleh Banyuwangi Terlengkap

Simbol Keramahan dan Budaya Banyuwangi

Kue Bagiak khas Banyuwangi tak hanya sekedar oleh-oleh khas Banyuwangi. Lebih dari itu, Kue Bagiak merupakan warisan budaya yang diwariskan turun-temurun dan menjadi simbol keramahan masyarakat Banyuwangi.

Gigitan pertama Kue Bagiak akan membawa kamu mencicipi cita rasa khas Banyuwangi dan keramahan masyarakatnya. Jadi, kapanpun kamu berkunjung ke Banyuwangi, jangan lupa untuk membawa pulang Kue Bagiak sebagai oleh-oleh dan berbagi cerita tentang camilan legendaris ini.

Penutup

Tertarik untuk mencicipi Kue Bagiak khas Banyuwangi yang legendaris dan lezat ini? Kalau kamu sedang berada di Banyuwangi, kamu bisa dengan mudah menemukan Kue Bagiak di toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

Namun, kalau kamu tidak bisa pergi ke Banyuwangi, jangan khawatir! Sekarang ini sudah banyak penjual Kue Bagiak yang memasarkan produk mereka secara online. Jadi, kamu tetap bisa menikmati Kue Bagiak khas Banyuwangi walaupun sedang berada di luar kota.

Selamat mencoba dan rasakan sensasi renyah dan manis gurih dari Kue Bagiak Khas Banyuwangi

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *