Wisata Bedil Island Banyuwangi: Lokasi, Rute dan Tiket Masuk

Bedil Island Banyuwangi
Bedil Island Banyuwangi

RekomendasiWisata.Com – Tidak pernah ada habisnya jika berbicara tentang potensi wisata di kabupaten paling timur pulau Jawa ini. Banyuwangi yang dikenal juga dengan julukan The Sunrise Of Java ini memiliki berbagai potensi wisata alam yang sangat menakjubkan, salah satunya adalah bedil island Banyuwangi.

Dimana sebenarnya lokasi Bedil Island Banyuwangi, bagaimana rute menuju ke lokasi wisata ini dan berapa harga tiket masuknya? Berikut ini Rekomendasi Wisata akan mengulasnya buat kamu.

Lokasi Wisata Bedil Island Banyuwangi

Pulau Bedil atau Bedil Island sering juga di sebut dengan julukan Raja Ampat nya Banyuwangi. Terletak di wilayah Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten banyuwangi.

Alasan tempat wisata ini disebut sebagai Raja Ampatnya Banyuwangi dikarenakan destinasi wisata ini berupa gugusan kepulauan yang berada di perairan sebelah selatan Banyuwangi yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia, Mirip sekali dengan gugusan kepulauan Raja Ampat yang berada di Provinsi Papua Barat Daya.

Desa Pancer sebagai desa yang berada di pesisir laut selatang yang berhadapan langsung dengan samudra Hindia, memiliki berbagai lokasi wisata pantai selain pulau bedil ini. Beberapa di antaranya adalah pantai pulau merah, pantai wedi ireng, dan juga pantai mutiara.

Rute Menuju Bedil Island

Karena lokasinya yang berada di peraian, untuk menuju tempat ini harus menggunakan perahu yang ada di wilayah desa pancer.

Untuk kamu yang baru berkunjung ke Banyuwangi, dari pusat kota Banyuwangi kamu bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi menuju arah selatan menuju Desa Pancer, kecamatan Pesanggaran yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Setelah sampai di Desa Pancer, tepatnya pantai mustika, kamu bisa menggunakan fasilitas perahu nelayan yang memang disediakan untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau Bedil.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Banyuwangi Terbaru

Daya Tarik Wisata

laguna bedil island banyuwangi
Laguna di Pulau Bedil Banyuwangi (instagram.com/ijentransito.id)

Selama perjalanan menuju Bedil Island menggunakan perahu nelayan, kamu akan menyaksikan keindahan alam berupa tebing bebatuan yang menawan.

Warna biru air laut yang jernih, serta gugusan kepulauan karang yang menawan akan membuat kamu seakan-akan berada di Raja Ampat Papua akan memberikan daya tarik tersediri ketika berkunjung ke tempat ini. Terdapat pulau terowongan air laut yang berada di tengah karang yang berada di objek wisata Bedil Island Banyuwangi ini.

Suasana air yang tenang dan bersih di terowongan tersebut, tentu akan menarik minta wisatawan untuk berenang atau sekedar bermain air di tepiannya.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

Lokasinya yang berada di perairan, membuat tempat ini dikelilingi dengan lautan dengan air yang jernih berwarna kebiruan. Kamu bisa berkeliling laut dengan menggunakan perahu yang sudah disediakan oleh para pelayan yang berada di wilayah pesisir desa Sumberagung – Pesanggaran.

Terowongan yang berada di salah satu pulau karang di Bedil Island ini juga memiliki kondisi air laut yang jernih dan cenderung lebih tenang, sehingga wisata yang berkunjung ke tempat ini bisa berenang didalamnya. Kamu juga bisa bersnorkeling ria di kawasan Bedil Island Banyuwangi ini, menggunakan alat snorkeling yang biasanya sudah disediakan oleh para penyedia penyewaan perahu.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan pantai Wedi Ireng, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang bercampur dengan butiran pasir berwarna hitam yang mempesona.

Harga Tiket Masuk

Tidak ada tarif tiket masuk ke kawasan Bedil Island Banyuwangi ini. Namun demikian, kamu tetap perlu mengeluarkan biaya untuk bisa mencapai ke lokasi wisata ini.

Kamu akan di kenaik biaya masuk ketika sampai di Pantai Mustika – Pancer sebesar 10 ribu per orang. Selain itu kamu juga harus menggunakan jasa sewa perahu yang disediakan nelayan sekitar pesisir pantai mustika dengan tarif antara 90 ribu – 150 ribu.

Harga tersebut biasanya sudah termasuk dengan penyewaan alat snorkeling yang bisa kamu gunakan ketika berada di lokasi objek wisata Bedil Island ini.

Penutup

Itulah sedikit ulasan tentang Bedil Island Banyuwangi yang sering dijuluki sebagai raja ampat di Banyuwangi. Kamu akan menemukan keindahan alam berupa gugusan kepulauan batu karang yang mempesona. Air laut yang jernih berwarna kebiruan akan menambahkan pesona dari objek wisata ini.

Sedikit tips berkunjung ke Bedil Island banyuwangi ini :

  • Hindari berkunjung pada saat musim penghujan, karena biasanya ombak laut sedikit besar.
  • Pastikan membawa uang tunai yang cukup
  • Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup karena lokasi Bedil Island Banyuwangi jauh dari daratan
  • Pastikan kondisi badan fit karena perjalanan menuju objek wisata ini sedikit extreme
  • Bawalah pakaian renang dan handuk
  • Gunakan kaca mata hitam dan juga gunakan tabir surya

Jangan lupa untuk memberitahukan juga ulasan ini kepada teman ataupun kerabat daan sampai jumpa pada ulasan rekomendasi wisata lainnya yang tentunya menarik untuk kamu simak. Selamat berwisata

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *