5 Tempat Snorkeling Terbaik Di Indonesia, Kamu Harus Coba

tempat snorkeling terbaik di indonesia
Tempat snorkeling terbaik di Indonesia

RekomendasiWisata.Com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya adalah laut. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki berbagai wisata bawah laut yang cukup menarik yang harus di coba bagi kamu yang menyukai pesona bawah laut. Dan berikut ini adalah 5 tempat snorkeling terbaik di Indonesia yang berhasil rekomendasi wisata rangkum buat kamu.

5 Tempat Snorkeling Terbaik Di Indonesia

Sebagai negara yang sebagian wilayahnya berupa lautan, Indonesia memiliki keindahan paromana pemandangan bawah laut yang luar biasa. mulai dari terumbu karang yang menawan, hingga biota laut yang beraneka ragam yang bisa kamu saksikan ketika kamu melakukan aktifitas snorkeling.

Dan berikut ini adalah 5 tempat snorkeling terbaik di Indonesia yang harus kamu kunjungi.

Pulau Tabuhan – Banyuwangi

Tempat snorkeling terbaik di Indonesia
Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan, sebuah pulau kecil yang ada di Banyuwangi, tepatnya berada di sebelah utara selat Bali. Memiliki luas wilayah kurang lebih 5-6 hektar, pulau ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih yang menambah kecantikan dari pulau ini.

Selain hamparan pasir putihnya yang cukup menawan, pulau Tabuhan juga memiliki pemandangan bawah laut yang cukup mempesona. Terumbu karang yang tampang dengan berbgai warna, dengan biota laut yang beraneka ragam, pasti akan membuat takjub para wisatakan yang seng ber-snorkeling di pulau ini.

Lokasinya yang masuk wilayah desa Bangsring, membuat objek wisata ini menjadi mudah untuk di kunjungi karena jaraknya yang tidak jauh dari pusat kota Banyuwangi. Untuk bisa mencapai pulau Tabuhan, kamu bisa menggunakan jasa penyewaan perahu dari pantai Grand Watu Dodol ataupun dari Objek wisata Rumah Apung Bangsring. Perjalanan menggunakan perahu membutuhkan waktu kurang lebih antara 30 menit sampai 45 menit tergantung darimana kamu berangkat.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau Tabuhan adalah antara bulan Desember hingga April, alasannya karena pada waktu tersebut arus bawah laut di daerah pulau Tabuhan tidak terlalu kencang, sehingga lebih aman untuk aktifitas snorkeling.

Pulai Menjangan – Bali

tempat snorkeling terbaik di Indonesia
Pulau Menjangan (Sumber : Instagram @menjangan_trip)

Bisa dikatakan pulau Menjangan adalah kawan dekat dari Pulau Tabuhan yang ada di Banyuwangi. Pulau menjangan ini terletak di kawasan hutan lindung Bali Barat, tepatnya di sebelah timur laut pulau Bali.

Sama hal nya dengan pulau Tabuhan, di sini kamu akan menemukan sebuah pulau kecil yang di lengkapi dengan hamparan pasir putih yang menawan. Pemandangan bawah laut di pulau Menjangan juga tidak kalah keren dengan pulau Tabuhan. Di sisi sebelah utara, kamu juga bisa menyaksikan patung Ganesha yang berada tepat di atas tebing batu karang.

Untuk dapat mencapai tempat ini, ada 2 rute yang bisa kamu lalui, yaitu dari Banyuwangi atau dari Bali. Untuk rute dari Banyuwangi, kamu bisa mulai perjalan dari pantai Grand Watu Dodol dengan menggunakan jasa penyewaan perahu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sedangkan untuk rute dari Bali, kamu bisa memulai perjalanan dari kawasan pesisi Bali Barat menggunakan jasa penyewaan perahu yang tersedia di sana.

Karena lokasi pulau Menjangan masih berdekatan dengan pulau Tabuhan, waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini tidak jauh berbeda dengan pulau Tabuhan.

Baca Juga: Pulau Tabuhan Dan Menjangan: Surga Bawah Laut Antara Bali dan Banyuwangi

Raja Ampat – Papua Barat

tempat snorkeling terbaik di Indonesia
Raja Ampat – papua Barat

Tempat snorkeling terbaik di Indonesia berikutnya adalah Raja Ampat yang berada di wilayah Papua Barat. Tempat ini merupakan surga bagi para penyelam dan juga snorkeler. Memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa, lengkap dengan kekayaan hayati bawah laut, kamu akan di manjakan dengan pemandangan terumbu karang beserta berbagai biota lautnya.

Ada banyak spot-spot snorkeling favorit yang ada di Raja Ampat, beberapa di antaranya adalah Friwenbonda, Dermaga Sauwandarek, dermaga Yenbuba, dermaga KRI dan tidak ketinggalan Tanjung KRI.

Waktu terbaik untuk melakukan aktifitas snorkeling di tempat ini adalah antara bulan Oktober dan bulan April. Karena pada bulan tersebut cuaca cenderung lebih kering dan visibilitas air lebih baik.

Pulau Bunaken – Sulawesi Utara

tempat snorkeling terbaik di Indonesia
Pulau Bunaken

Pulau bunaken merupakan salah satu tempat snorkeling terbaik di Indonesia. Lokasinya terletak di taman nasional Bunaken yang berada di Sulawesi Utara. Tempat ini menawarkan keindahan pemandangan bawah lautnyayang luar biasa, dihiasi dengan terumbu karang beraneka warna dan juga berbagai jenis ikan berwarna-warni.

Kamu juga bisa bertemu dengan penyu hijau dan penyu sisik, kaena kedua jenis penyu ini sering kali muncul kepermukaan laut untuk mengambil nafas di wilayah pulau Bunaken ini.

Air laut di tempat ini sangat jernih dengan suhu air antara 28 hingga 30 derajat celcius di sepanjang waktu. Memiliki kawasan terumbu karang yang dangkal dengan kedalaman sekitar 1,5 meter, bahkan terkadang kamu bisa menyaksikan lokasi diving secara langsung. Jika beruntung, kamu juga dapat bertemu dengan ikan pari elang atau hiu karang dari permukaan laut.

Beberapa sport snorkeling favoriit di tempat ini antara lain Fukuis, Situs Lekuan, Tanjung Parigi, Bunaken Timur dan Siladen.

Gili Trawangan – Lombok (Nusa Tenggara Barat)

Tempat snorkeling terbaik di Indonesia
Gili Trawangan – Lombok

Tempat snorkeling terbaik di Indonesia yang terakhir ada di kawasan Gili Trawangan – Lombok. Selain menjadi surga bagi para backpacker, Gili Trawangan memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa.

Ada yang menarik di salah satu spot snorkeling yang ada di Gili Trawangan, yaitu sport snorkeling dimana terdapat beberapa patuh yang diletakkan sedemikian rupa di bawah laut. Selain itu, jika beruntung kamu juga akan bertemu dengan beberapa ekor penyu yang sering berada di tempat ini.

Tidak hanya itu, keindahan terumbu karang dan juga biota laut yang ada di tempat ini, memang pantas menjadikan Gili Trawangan sebagai salah satu tempat snorkeling terbaik di Indonesia.

Tidak ada waktu-waktu khusus ketika kamu ingin berkunjung ke Gili Trawangan, namun ada beberapa hal yang memang perlu di perhatikan untuk menentukan kapan kamu akan berkunjung ke tempat ini. Salah satunya adalah hindari berkunjung pada musim padat pengunjung, terutama di bulan Juli hingga Agustus karena biasanya pada bulan tersebut jumlah pengunjung naik dengan pesat.

Penutup

Itulah ke-5 tempat snorkeling terbaik di Indonesia. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki kekayaan laut yang luar biasa, baik dari hasil lautnya ataupun pesona pemandangan bawah lautnya. Berikut ini beberapa tips ketika kamu ingin melakukan aktifitas snorkeling:

  • Pastikan kondisi tubuh sedang fit
  • Bawa perbekalan secukupnya dari rumah, karena beberapa lokasi snorkeling jauh dari daratan
  • Gunakan kaca mata hitam dan jangan lupa menggunakan tabir surya
  • Bawa pakaian renang dan juga handuk
  • Selalu ikutan panduan dari pemandu perjalanan

Itulah sedikit ulasan tentang tempat snorkeling terbaik di Indonesia. Jangan lupa membagikan ulasan ini kepada teman ataupun kerabat dan sampai ketemu pada ulasan wisata berikutnya. Selamat berlibur

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *