Pulau Tabuhan Dan Menjangan: Surga Bawah Laut Antara Bali Dan Banyuwangi

RekomendasiWisata.com – Ingin liburan yang anti-mainstream dan super kece? Bosen dengan pantai yang itu-itu saja? Indonesia punya jawabannya: Pulau Tabuhan dan Menjangan yang terletak di Selat Bali, permata kembar ini menawarkan keindahan bawah laut yang nggak bakal kamu lupakan. jadi, baca terus ulasan ini kamu punya alasan kenapa kamu harus memasukkan Pulau Tabuhan dan Menjangan ke dalam list destinasi wisata kamu selanjutnya

Menyingkap Keunikan Pulau Tabuhan dan Menjangan

biota laut pulau tabuhan dan menjangan

Pulau Tabuhan dan Menjangan bagaikan sepasang sahabat karib. Keduanya berada di posisi yang berdekatan, yaitu di Selat Bali. Pulau Tabuhan, dengan luas sekitar 5-6 hektar, berada di wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Sementara itu, Pulau Menjangan yang sedikit lebih luas, termasuk bagian dari Provinsi Bali.

Meski terpisah administrasi, kedua pulau ini punya banyak persamaan yang akan bikin kamu takjub dengan kekayaan bawah laut yang luar biasa. Terumbu karang yang beraneka ragam warna, beragam jenis ikan hias, dan biota laut lainnya siap memanjakan mata kamu saat snorkeling atau diving.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Banyuwangi Terbaru

Surga Snorkeling: Menjelajah Biota Laut yang Memukau

snorkeling pulau tabuhan dan menjangan

Kedua pulau adalah surga bagi para pecinta snorkeling. Air laut yang jernih dan tenang membuat kamu bisa dengan  leluasa berenang dan mengamati keindahan bawah laut.

Saat snorkeling, kamu akan disuguhi pemandangan terumbu karang yang beraneka ragam warna. Ikan-ikan nemo yang lucu, ikan pari yang anggun, hingga bintang laut yang unik akan menemani perjalanan bawah lautmu.

Jangan lupa bawa kamera underwater ya, untuk mengabadikan momen tak terlupakan bersama biota laut yang mempesona!

Menyelam Bersama Penghuni Bawah Laut yang Menawan

Buat kamu yang hobi diving, kedua pulau ini wajib banget untuk masuk daftar liburanmu. Selain terumbu karang yang memesona, kamu juga bisa berkesempatan untuk bertemu dengan penyu hijau dan penyu sisik yang sedang mencari makan.

Tak hanya itu, biota laut yang lebih besar seperti hiu karang dan barakuda juga terkadang bisa ditemui di perairan sekitar pulau.

Selalu patuhi aturan dan arahan diving center saat menyelam, serta utamakan keselamatan diri kamu ya.

Aktivitas Seru di Pulau Tabuhan dan Menjangan

Selain snorkeling dan diving, kedua tempat ini menawarkan aktivitas wisata lain yang nggak kalah seru.

  • Berjemur di Pantai Pasir Putih: Hamparan pasir putih yang lembut di Pulau Tabuhan dan Menjangan sangat cocok banget buat kamu yang ingin bersantai dan menikmati udara segar.
  • Trekking Santai: Puaskan rasa ingin explor kamu dengan berjalan kaki mengelilingi pulau. Nikmati pemandangan alam sekitar dan jangan lupa ambil foto kece dengan latar belakang laut lepas.
  • Menyaksikan Sunset yang Memukau: Sempatkan untuk menunggu matahari terbenam. Siluet Pulau Bali yang terlihat dari kejauhan dipadukan dengan warna langit senja yang cantik akan menciptakan suasana yang begitu romantis.

Konservasi Laut yang Wajib Dijaga

Keindahan Pulau Tabuhan dan Menjangan tidak lepas dari pentingnya menjaga kelestarian alam bawah laut. Saat berwisata, pastikan kamu untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga biota laut dengan tidak mengambil terumbu karang atau ikan hias.

Beberapa operator wisata menyediakan program wisata bahari yang berwawasan lingkungan. Ikut serta dalam program ini bisa menjadi cara liburan yang seru sekaligus berkontribusi dalam menjaga kelestarian kedua pulau ini.

Akses Menuju Pulau Tabuhan dan Menjangan

Pulau Tabuhan dan Menjangan dapat diakses dari dua tempat, yaitu Banyuwangi di Jawa Timur dan Bali.

Dari Banyuwangi: Kamu bisa berangkat menggunakan perahu dari Pantai Bangsring atau Pantai Watu Dodol. Waktu tempuh perjalanan ke Pulau Tabuhan sekitar 45 menit.

Dari Bali: Pelabuhan Labuhan Lalang di kawasan Taman Nasional Bali Barat menjadi titik keberangkatan menuju Pulau Menjangan. Perjalanan menggunakan perahu membutuhkan waktu

Fasilitas yang Tersedia

Jangan khawatir soal fasilitas saat berwisata ke Pulau Tabuhan dan Menjangan. Beberapa operator wisata menyediakan paket wisata yang sudah termasuk transportasi perahu, peralatan snorkeling, dan makan siang.

Di Pulau Menjangan, kamu juga bisa menemukan beberapa warung makan sederhana yang menjual aneka makanan dan minuman. Namun, akan lebih baik jika kamu menyiapkan perbekalan seperti air minum dan camilan untuk mengantisipasi kebutuhan selama di pulau.

Penginapan Terdekat

Pulau Tabuhan dan Menjangan sendiri tidak menawarkan penginapan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan akomodasi di Banyuwangi dan Bali yang bisa menjadi tempat kamu bermalam.

Penginapan di Banyuwangi: Pilihan penginapan di Banyuwangi cukup beragam, mulai dari homestay yang terjangkau hingga hotel berbintang. Beberapa penginapan bahkan menawarkan pemandangan laut yang indah.
Penginapan di Bali: Pilihan akomodasi di Bali tentu lebih beragam dibandingkan Banyuwangi. Kamu bisa memilih hotel, villa, resort, atau homestay sesuai dengan budget dan keinginan kamu.

Baca juga: 5 Rekomendasi Hotel Di Kintamani Bali

Waktu Terbaik Berkunjung

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Tabuhan dan Menjangan adalah pada musim kemarau, yaitu sekitar bulan April hingga Oktober. Pada saat ini, cuaca umumnya cerah dan laut sedang tenang, sehingga kondisi tersebut sangat ideal untuk snorkeling dan diving.

Selain itu, hembusan angin juga tidak terlalu kencang, membuat perjalanan dengan perahu lebih nyaman. Meskipun demikian, tetap disarankan untuk mengecek perkiraan cuaca sebelum berangkat agar liburan kamu semakin menyenangkan.

Tips Menjaga Pulau Tabuhan dan Menjangan

Pulau Tabuhan dan Menjangan merupakan destinasi wisata yang masih perawan. Untuk menjaga kelestariannya, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat berkunjung:

  • Bawa pulang sampahmu: Jangan meninggalkan sampah plastik atau sampah lainnya di pulau.
  • Hindari penggunaan sunblock berbahan kimia: Sunblock berbahan kimia dapat merusak ekosistem laut. Pilihlah sunblock yang eco-friendly atau ramah lingkungan.
  • Jangan mengambil biota laut: Terumbu karang dan biota laut lainnya sangat penting dijaga kelestariannya. Nikmati keindahannya tanpa perlu mengambilnya.
  • Patuhi aturan yang berlaku: Hormati peraturan yang ditetapkan oleh pengelola wisata untuk menjaga kelestarian Pulau Tabuhan dan Menjangan.

Dengan menerapkan tips di atas, kita bersama-sama bisa menjaga pesona bawah laut Pulau Tabuhan dan Menjangan agar tetap dinikmati oleh generasi selanjutnya.

Akhir Kata

Pulau Tabuhan dan Menjangan adalah destinasi wisata yang sempurna buat kamu yang haus akan petualangan bawah laut. Selain keindahan terumbu karang dan biota laut yang beragam, Pulau Tabuhan dan Menjangan juga menawarkan suasana yang tenang dan menjauh dari keramaian. Tunggu apa lagi? Ayo masukkan Pulau Tabuhan dan Menjangan ke dalam list destinasi wisata kamu selanjutnya!

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *