Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta

RekomendasiWisata.com – Yogyakarta terkenal banget sama wisata budaya dan sejarahnya. Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, Malioboro, semua destinasi kece itu pasti ada di wishlist kamu. Tapi, gimana kalo kamu pengen pengalaman liburan yang lebih unik dan edukatif?

Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta jawabannya! Desa wisata ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan. Disini, kamu bisa ngelihat langsung proses pembuatan gerabah legendaris yang udah ada turun-temurun selama berabad-abad.

Yuk, Kenalan Dulu Sama Si “Gerabah” Khas Kasongan!

keunikan desa wisata gerabah kasongan yogyakarta

Gerabah, sebuah kata yang mungkin terdengar sederhana, menyimpan di baliknya kekayaan budaya dan tradisi yang tak ternilai. Di Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta, gerabah bukan hanya sekedar benda mati, tapi nafas kehidupan dan warisan leluhur yang terus dilestarikan.

Lebih dari Sekedar Perkakas Rumah Tangga

Gerabah, secara sederhana, adalah sebutan untuk barang-barang yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk dan kemudian dibakar. Di Kasongan, Yogyakarta, kerajinan gerabah telah berkembang pesat menjadi sebuah seni yang tak hanya fungsional, tapi juga estetis.

Ciri Khas Gerabah Kasongan

Kerajinan gerabah Kasongan memiliki ciri khas yang unik dan membedakannya dari gerabah daerah lain. Ciri khas ini terlihat dari beberapa aspek:

  • Bahan Baku: Tanah liat yang digunakan di Kasongan memiliki kualitas tinggi dan tekstur yang halus, menghasilkan gerabah yang kokoh dan tahan lama.
  • Teknik Pembentukan: Teknik pembentukan gerabah di Kasongan terbilang unik, dengan kombinasi teknik putar dan pilin, menghasilkan bentuk yang simetris dan presisi.
  • Motif dan Hiasan: Gerabah Kasongan terkenal dengan motif dan hiasannya yang khas, seperti motif batik, bunga, dan geometri. Hiasan ini dibuat dengan teknik ukir, tempel, dan lukis, menghasilkan gerabah yang indah dan artistik.
  • Warna: Warna gerabah Kasongan didominasi oleh warna coklat natural tanah liat, namun tak jarang pula ditemukan gerabah dengan warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau.

Bukan Sekedar Kendi dan Piring

Jika dulu gerabah identik dengan peralatan rumah tangga seperti kendi, piring, dan toples, kini gerabah Kasongan telah berkembang menjadi berbagai bentuk yang lebih modern dan fungsional.

  • Hiasan Rumah: Vas bunga, bingkai foto, patung, dan lampu hias adalah beberapa contoh hiasan rumah cantik yang terbuat dari gerabah.
  • Peralatan Makan dan Minum: Cangkir, gelas, piring, dan sendok garpu dari gerabah kini menjadi pilihan populer untuk mempercantik meja makan.
  • Souvenir dan Hadiah: Beragam souvenir dan hadiah unik dan berkesan dapat ditemukan di Desa Wisata Gerabah Kasongan, mulai dari gantungan kunci, miniatur gerabah, hingga hiasan dinding.

Menyusuri Lorong-Lorong Desa Pengrajin Gerabah

Begitu masuk ke Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta, kamu langsung disambut suasana desa yang asri dan damai. Di kanan-kiri jalan, kamu bakal nemuin banyak rumah produksi gerabah. Nggak jarang, kamu bisa ngelihat langsung para pengrajin yang lagi asyik membentuk tanah liat menjadi berbagai bentuk. Jangan sungkan buat mampir dan ngobrol langsung dengan mereka, ya! Mereka dengan senang hati bakal cerita tentang sejarah dan proses pembuatan gerabah.

Dari Tanah Liat Jadi Kerajinan Cantik: Intip Proses Pembuatan Gerabah!

Penasaran gimana sih proses pembuatan gerabah Kasongan? Well, prosesnya nggak semudah yang kamu bayangin. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, diantaranya:

Pengambilan dan Pengolahan Tanah Liat

Pertama, tanah liat diambil dari lokasi tertentu. Kemudian tanah liat tersebut dibersihkan dan diayak untuk menghilangkan kotoran dan batu-batu kecil.

Pembentukandan Penjemuran

Tanah liat yang udah halus kemudian dibentuk sesuai dengan keinginan menggunakan teknik tertentu. Setelah dibentuk, gerabah mentah tersebut dijemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Pembakaran

Tahap selanjutnya adalah pembakaran. Gerabah mentah dimasukkan ke dalam tungku pembakaran dengan suhu yang tinggi. Proses pembakaran inilah yang membuat gerabah menjadi kuat dan tahan lama.

Pewarnaan dan Finishing

Setelah dibakar, gerabah bisa aja langsung dijual atau diberi warna dan hiasan tambahan untuk mempercantik tampilannya.

Baca Juga: Telaga Sarangan Magetan: 3 Hal Yang Harus Kamu Coba Di Sini

Bukan Cuma Nonton, Kamu Bisa Ikut Bikin Gerabah Sendiri!

belajar membuat gerabah di desa wisata gerabah kasongan yogyakarta

Pengalaman liburan di Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta bakal lebih seru lagi kalo kamu ikut workshop bikin gerabah! Banyak kok workshop yang menawarkan pengalaman ini buat para wisatawan. Dengan bimbingan instruktur yang berpengalaman, kamu bakal belajar teknik dasar pembentukan tanah liat menjadi gerabah. Nggak perlu khawatir gagal, yang penting kamu berani mencoba dan bersenang-senang!

Surga Belanja Oleh-Oleh Khas Yogyakarta

Puas belajar bikin gerabah, jangan lupa mampir ke toko-toko yang menjual kerajinan gerabah Kasongan. Disini, kamu bisa nemuin berbagai macam perlengkapan rumah tangga dan hiasan unik yang terbuat dari tanah liat. Harganya pun variatif, tergantung dari ukuran, jenis, dan tingkat kerumitan gerabah tersebut. Oleh-oleh khas Yogyakarta yang kece dan bernilai seni banget, kan?

Mencicipi Kuliner Khas Bantul sambil Menikmati Suasana Desa

Selain berburu kerajinan gerabah, kamu juga wajib mencicipi kuliner khas Bantul yang ada di Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta. Ada banyak warung makan yang menawarkan menu tradisional Yogyakarta yang menggugah selera. Jangan lupa cobain gudeg, bakpia pathok, atau sate klathak yang legendaris itu ya! Menikmati makanan sambil duduk-duduk santai di suasana pedesaan yang adem, dijamin bikin liburanmu semakin menyenangkan.

Penginapan Nyaman dengan Nuansa pedesaan

Setelah seharian keliling desa, pasti kamu butuh penginapan yang nyaman buat istirahat. Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta menawarkan beberapa pilihan penginapan yang menarik. Kamu bisa memilih homestay yang dikelola langsung oleh warga desa. Dengan begini, kamu bisa merasakan pengalaman nginep di rumah penduduk dan berinteraksi langsung dengan mereka. Selain homestay, ada juga beberapa hotel dan penginapan budget yang lokasinya nggak jauh dari desa wisata.

Jangan Lupa Mampir ke Galeri

Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta nggak cuma soal workshop dan toko-toko. Di sini, kamu juga bisa mengunjungi galeri yang memamerkan berbagai koleksi gerabah Kasongan terbaik. Galeri ini biasanya dikelola oleh perajin senior atau komunitas seni di desa. Selain melihat-lihat koleksi gerabah, kamu juga bisa belajar tentang sejarah dan perkembangan kerajinan gerabah Kasongan dari masa ke masa.

Lebih dari Sekedar Wisata, tapi Sebuah Warisan Budaya

Berkunjung ke Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta nggak cuma sekedar jalan-jalan dan belanja oleh-oleh. Lebih dari itu, desa wisata ini mengajak kamu untuk mengenal warisan budaya Indonesia yang sudah ada sejak lama. Dengan melihat langsung proses pembuatan gerabah, kamu bisa menghargai kerja keras dan keterampilan para pengrajin. Selain itu, kamu juga bisa ikut melestarikan warisan budaya ini dengan membeli produk-produk kerajinan gerabah Kasongan.

Yuk, Agendakan Liburanmu ke Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta!

Nah, gimana? Tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta? Desa wisata ini cocok banget buat kamu yang pengen liburan yang edukatif dan berkesan. Selain itu, lokasinya yang nggak jauh dari pusat kota Yogyakarta membuat desa wisata ini mudah dijangkau. Jadi, tunggu apa lagi? Agendakan liburanmu ke Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta sekarang!

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *