Mata Air Ninivala, Danau Mendidih Yang Tidak Panas Di Maluku

RekomendasiWisata.Com – Halo traveller, pernah denger Mata Air Ninivala? Salah satu destinasi wisata yang ada di Provinsi Mauluku, tepatnya di Pulau Seram ini memiliki panorama pemandangan alam yang bikin takjub. Tidak hanya itu, keunikan dan juga cerita kepercayaan yang melekat pada objek wisata ini banyak di percaya oleh wisatawan yang sudah berkunjung ke tempat ini. Apa saja keunikan dan cerita mitos tersebut? simak ulasannya sampai akhir ya.

Pesona Alamat Mata Air Ninivala

pesona mata air ninivala
Instagram @sagu.tumbu

Mata Air Ninivala terletak di pulau Seram, tepatnya di Dese Piliana, KecamatanTehoru, Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku. Lokasi Desa Piliana berada di ketinggian 1280 Meter Diatas Permukaan Laut, membuat desa ini hampir setiap hari diselimuti oleh awan-awan yang tebal. Oleh sebab itu banyak wisatawan menyebut desa ini sebagai desa diatas awan.

Ukuran danau Air Ninivala ini tidak terlalu luas. Untuk sumber air yang ada di danau ini langsung dari dalam bumi, dengan air jernih berwarna biru toska.

Karena lokasinya berada di tengah hutan yang masih alami, membuat danau Air Ninivala ini tampak asri dan alami. Ditambah dengan udaranya yang masih segar, akan membuat pikiran setiap orang yang berkunjung ketempat ini menjadi lebih fresh.

Untuk kamu yang suka dengan aktifitas pendakian, kamu juga akan di suguhkan dengan pemandangan gunung Banaiya yang kokoh berdiri dengan ketinggian 3.207 Meter diatas permukaan laut.

Baca juga: Awas! Keindahan Tebing Makariki Bisa Bikin Kamu Betah Berlama-lama

Mitos Air Ninivala

Sepasang pohon mata air ninival
instagram.com/cece_chaann

Terdapat mitos yang dipercaya oleh warga sekitar dan para wisatawan yang berkunjung ke danau Mata Air Ninivala ini. Mereka percaya air danau ini bisa mendatangkan jodoh bagi siapa saja yang mandi di danau ini. Itulah sebabnya banyak yang menyebut air danau Ninivala adalah air jodoh.

Tepat di tengah danau, terdapat 2 pohon besar yang tumbuh tinggi yang oleh masyarakat sekitar di simbolkan sebagai pohon Wosenana (Laki-laki) dan pohon Muluana (Perempuan). Konon katanya, keberadaan kedua pohon di tengah danau tersebut awalnya adalah sepasang kekasih dan hingga saat ini kedua pohon tersebut dijadikan sebagai simbol jodoh atau pasangan.

Terkait kebenaran dari mitos tersebut, itu semua kembali kepada kepercayaan masing-masing orang yang menerima nya. Yang pasti mitos tersebut juga menjadi sebuah poin yang menambah keunikan tempat ini dan membuat kara wisatawan untuk datang berkunjung.

Air Danau Yang Mendidih

Danau Air Ninivala memiliki ari yang berwarna Toska yang berasal dari dalam bumi. Namun demikian, meskipun air nya bersumber langsung dari dalam bumi, suhu air di danau ini tidak panas. Tidak hanya itu, terdapat pula gelembung-gelembung yang disebabkan air yang keluar langsung dari pori-pori bumi.

Terlihat juga adanya asap yang keluar, akibat dari embun air yang keluar dari tanah dan bertemu dengan udara hangat yang ada di luar bumi. Hal tersebut memberikan kesan seakan-akan air danau Ninivala ini mendidih, tetapi jika di sentuh tidak terasa panas. Justru sebaliknya, suhu air di danai ini sangatlah sejuk dan segar, jadi aman untuk segala aktifitas air seperti berenang atau sekedar bermain air di tepian danau.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

aktifitas di mata air ninivala
instagram.com/ziccohudroyo

Lokai Danau atau telaga Mata Air Ninivala ini berada di tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohon yang rimbun dengan udara alam yang masih segar. kamu bisa melakukan berbagai aktifitas di tempat ini seperti berenang atau sekedar bermain air. Meskipun air danau terlihat mengeluarkan asap dan gelembung seperti air mendidih, namun air danau ini terbilang cukup aman karena suhu air dananya yang dingin mentegarkan.

Kamu juga bisa bersantai di tepian danau karena telah disediakan saung-saung oleh masyarakat sekitar sebagai tempat wisatawan untuk sekedar bersantai ataupun beristirahat sembari menikmati pemandangan alam yang disajikan di tempat ini.

Pemandangan di danau ini sangat instagramable, jadi sangat cocok dijadikan lokasi untuk berswa foto dengan latar warna biru tosca pada mata air Nanavili.

Akses Menuju Danau Ninivala

Untuk menuju lokasi danau Mata Air Ninivala, dibutuhkan sedikit usaha ekstra. Jalur menuju lokasi danau masih belum dibangun dan masih berupa jalan setapak yang hanya bisa dilewati dengan cara berjalan kaki.

Sebelum sampai di lokasi danau, kamu akan sampai terlebih dahulu di Desa Piliana. Di desa ini kamu harus meminta ijin kepada tokoh setempat yang ada di desa tersebut untuk bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi danau mata Air Ninivala.

Dari desa Piliana, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan untuk mencapai lokasi danau melewati jalan setapak yang diapit oleh semak-semak dan juga memalui beberapa sungai yang memiliki arus yang lumayan deras.

Tips Berkunjung Ke Mata Air Ninivala

Berikut ini beberapa tips untuk kamu ketika berkunjung ke Danau Mata Air Ninivala :

  • Jangan datang saat musim penghujan: hal ini dikarenakan rute menuju lokasi danau setelah melewati Desa Piliana berupa jalan setapak yang hanya bisa di lewati dengan berjalan kaki. Faktor lainnya adalah keamanan, karena rute untuk mencapai lokasi danau harus melewati beberapa sungai dengan aliran air yang cukup deras.
  • Gunakan Outfit yang sesuai: Pemilihan outfit yang digunakan juga sangat membantu ketika kamu berkunjung ke tempat ini. Lokasinya yang berada di tengah hutan dengan rute perjalanan yang penuh tantangan, tidak cocok jika kamu menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Bawa Perbekalan yang cukup: Meskipun lokasi danau berjarak tidak telalu jauh dari pemukiman warga dan bisa di tempuh dalam waktu 30 menit, tetapi akan lebih baik jika kamu membawa perbekalan sendiri.
  • Jaga Kebersihan: Sebagai wisatawan yang baik dan peduli terhadap alam, ada baiknya kamu juga harus menjaga kebersihan di tempat ini. Jangan membuang sampah secara sembarang agar keindahan alam tetap terjaga.
  • Awasi Anak-anak: Bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak, sebaiknya tetap mengasai segala aktifitas yang di lakukan oleh anak-anak. Meskipun di tempat ini terbulang cukup aman, tetapi tetap keselamatan menjadi prioritas utama mengingat jalur yang dilalui untuk mencapai tempat ini berupa jalan setapak yang membutuhkan usaha ekstra.

Baca Juga: 8 Tips Liburan Hemat Tapi Tetap Menyenangkan

Penutup

Mata Air Ninivala yang berada di Pulau Seram Provinsi Maluku memiliki banyak sekali keindahan dan keunikan. Panorama alam yang masih alami, serta udaranya yang masih sangat segar akan menambah kesan tenang dan damai ketika kamu berkunjung ke tempat ini. Ditambah keunikan yang dimiliki, dan juga pemandangan gunung Banaiya yang berdiri kokoh, tentunya menjadikan objek wisata ini pantas dimasukkan kedalam list tempat wisata yang layak untuk kamu kunjungi.

Segera buat jadwal liburan ke danau mata Air Ninivala, baik bersama teman ataupun keluarga. Jangan lupa juga untuk membagikan informasi menarik ini kepada mereka. Sampai jumpa pada ulasan Rekomendasi Wisata lain yang tentunya tidak kalah menariknya untuk kamu simak.

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *