3 Rekomendasi Hotel Murah Di Jogja

hotel murah di jogja
Rekomendasi hotel murah di Jogja

RekomendasiWisata.Com – Yogyakarta, kota istimewa yang kaya akan budaya, sejarah, dan kuliner, selalu menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai penjuru. Bagi para traveler dengan budget terbatas, menemukan hotel murah di Jogja yang nyaman dan strategis bisa menjadi sebuah tantangan.

Namun, jangan khawatir! Artikel ini hadir untuk membantu kamu menjelajahi pesona Jogja tanpa menguras dompet. Kami telah merangkum informasi lengkap dan terkini tentang hotel-hotel murah di Jogja, lengkap dengan tips dan trik untuk mendapatkan harga terbaik.

Menentukan Budget dan Kebutuhan

Langkah pertama dalam mencari hotel murah adalah menentukan budget dan kebutuhanmu. Berapa kisaran harga yang kamu anggarkan per malam? Apakah kamu memerlukan fasilitas khusus seperti kolam renang, Wi-Fi, atau AC?

Memilih Lokasi Strategis

Jogja memiliki beberapa kawasan wisata utama, seperti Malioboro, Keraton Yogyakarta, dan Taman Sari. Jika kamu ingin mudah menjangkau tempat-tempat wisata tersebut, pilihlah hotel yang berada di lokasi yang strategis. Namun, perlu dicatat bahwa hotel di lokasi yang ramai biasanya memiliki harga yang sedikit lebih tinggi.

Dan berikut ini beberapa area populer untuk mencari hotel murah di Jogja antara lain:

Malioboro

Maliobor sebagai salah satu pusat wisata yang ada di Jogja. Di tempat ini terdapat berbagai toko, restoran, dan atraksi menarik, seperti Pasar Beringharjo, Malioboro Mall, dan Tugu Yogyakarta. Lokasinya mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi, baik bus, Trans Jogja, andong, maupun becak, menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi tujuan yang paling banyak di kunjungi wisatawan yang datang ke Jogja. Tersedia Juga berbagai pilihan hotel di Malioboro, mulai dari hotel low budget hingga hotel mewah.

Kraton dan Alun-Alun

Kawasan ini merupakan kawasan sejarah dimana kamu bisa mengunjungi Krston Yogyakarta, Taman sari, dan juga Alun-alun Kidul yang penuh dengan nuansa tradisional. Kamu juga bisa berkunjung ke museum Sonobudoyo, benteng Vredeburg dan berbagai tempat wisata budaya lainnya. Karena wilayah ini merupakan wilayah kerator, suasana di wilayah ini jauh lebih tenang dibandingkan wilayah Malioboro.

Stasiun Tugu dan Terminal Jombor

Kawasan ini sangat cocok buat kamu yang lebih suka bepergian menggunakan kendaraan umum seperti bus ataupun kereta api. Harga hotel di kawasan inipun umumnya lebih murah jika di bandingkan hotel-hotel yang terdapat di kawasan Mailoboro. Selain itu, sebagai tempat fasilitas umum, disekitar stasiun dan terminal terdapat banyak pilihan kuliner dengan harga yang relatif terjangkau.

Kampus UGM

Kamu akan menemukan suasana muda yang dinamis dengan berbagai aktifitas dan juga komunitas. Terdapat banyak pilihan kuliner dengan harga murah seperti angkringan, warung makan dan kafe. Kamu juga bisa dengan mudah berkunjung ke beberapa tempat wisata yang berada di dekat kawasan ini seperti Candi Prambanan, Candi Ratu Boko dan juga Sindu Kusuma Edupark.

Mencari Referensi dan Membandingkan Harga

Saat ini, mencari referensi dan membandingkan harga hotel semakin mudah dengan memanfaatkan berbagai platform online. Berikut beberapa website yang bisa kamu kunjungi:

Situs Pemesanan Online

  • Traveloka
    Salah satu platform yang populer dengan pilihan hotel yang beragam, ulasan pengguna, dan fitur filter yang membantu.
  • Tiket.com
    Platform ini menawarkan berbagai pilihan hotel dan paket wisata menarik, termasuk promo dan diskon.
  • Agoda
    Platform global dengan cakupan hotel yang luas, terutama di luar negeri.
  • Pegipegi
    Platform lokal yang menawarkan berbagai pilihan hotel yang ada di Indonesia dengan harga yang lebih kompetitif.
  • Trivago
    Situs pembanding harga hotel yang memungkinkan kamu melihat harga yang sama di berbagai platform.
  • Skyscanner
    Platform pembanding harga yang juga menawarkan hotel, termasuk paket penerbangan dan hotel.

Website Resmi Hotel

Sering kali hotel-hotel menawarkan harga terbaik dengan informasi yang detail pada website resmi mereka. Mulai dari fasilitas yang disediakan sampai kebijakan-kebijakan dapat kita ketahui secara lebih detail tanpa kita perlu untuk datang langsung.

Selain itu, dengan banyaknya pengguna media sosial, hotel-hotel saat ini sudah banyak yang juga memiliki akun media sosial guna membagikan informasi terbaru, termasuk promo ataupun diskon.

Penting juga mencari referensi melalui blog ataupun forum-forum perjalanan atau wisata, dimana biasanya kita akan menemukan berbagai ulasan dan rekomendasi hotel dari pengguna lain.

Tips Mendapatkan Harga Terbaik

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan harga terbaik saat memesan hotel:

Perencanaan dan Fleksibilitas

  • Pesan sedini mungkin
    Pemesanan lebih awal adalah kunci utama. Hotel sering merilis harga beberapa bulan sebelumnya, dan seringkali harga terbaik didapatkan jika memesan jauh-jauh hari. Ini khususnya penting selama musim liburan, akhir pekan, atau ketika ada acara besar di daerah tersebut.
  • Pertimbangkan menginap selama shoulder season
    Shoulder season adalah periode antara peak season (musim ramai) dan off-season (musim sepi) . Selama periode ini, harga hotel biasanya lebih rendah dengan tingkat pengunjung yang tidak terlalu ramai. Cari tahu kapan shoulder season berlaku di tempat tujuan kamu.
  • Bersikap fleksibel dengan tanggal perjalanan
    Jika memungkinkan, usahakan untuk tidak terpaku pada tanggal tertentu. Bersikap fleksibel beberapa hari di awal atau di akhir perjalananmu bisa berdampak signifikan pada harga hotel. Periksa perbedaan harga dengan menggeser tanggal kepergianmu.
  • Lakukan penginapan saat hari kerja
    Hotel sering kali memiliki harga yang lebih tinggi pada akhir pekan (Jumat-Minggu). Jika jadwalmu memungkinkan, cobalah untuk memperpanjang perjalanan di hari kerja (Senin-Kamis) untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah.
  • Pikirkan alternatif menginap di luar lokasi utama:
    Jika kamu mengunjungi kota besar, pertimbangkan mencari hotel sedikit di luar pusat kota. Kamu biasanya masih memiliki akses mudah ke transportasi umum dan bisa menghemat biaya secara signifikan.

Promo dan Diskon

  • Berburu Promo Spesifik-Waktu
    Seringkali hotel-hotel menyediakan promo pada waktu-waktu tertentu, dan berikut ini adalah momen-momen dimana seringkali muncul promo

    • Liburan dan Peak Season
      Waspadai diskon liburan seperti Hari Raya, Natal, dan Tahun Baru. Hotel mungkin menawarkan diskon menarik atau paket spesial.
    • Low Season
      Ketika musim sepi pengunjung, biasanya banyak hotel memberikan lebih banyak penawaran menarik dan diskon, terutama untuk menarik wisatawan.
    • Hari Kerja
      Biasanya hotel sering kali memiliki harga yang lebih bersahabat selama hari biasa dibandingkan akhir pekan.
    • Last-Minute Deals
      Terkadang hotel menawarkan diskon untuk last-minute booking jika mereka memiliki kamar yang belum terisi.
  • Penawaran Platform
    Cermati penawaran dari situs pemesanan online dan website resmi hotel karena terkadang mereka memberikan informasi terkait promo ataupun diskon yang sedang berlangsung

    • Diskon Platform
      Situs seperti Traveloka, Agoda, Tiket.com, dll. secara rutin menampilkan promo umum atau kerjasama dengan bank tertentu.
    • Promo Website Resmi
      Langsung berburu di situs resmi hotel kadang memberikan penawaran yang tak dijumpai di platform umum.
    • Secret Deals
      Beberapa situs web memiliki fitur “Harga Misteri” atau “Secret Deals” dengan diskon lebih besar tapi kamu tidak akan tahu hotel mana sampai setelah melakukan pembayaran.
  • Kode Promo yang Tersembunyi
    Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan voucer:

    • Pencarian Online
      Coba pencarian Google dengan mengetikkan kata kunci seperti “kode promo [nama hotel]” atau “[nama platform] kode voucher”.
    • Situs Web Khusus Kupon
      Kunjungi situs kupon seperti CupoNation Indonesia.
  • Manfaat Keanggotaan

    • Program Loyalitas Hotel
      Periksa apakah hotel memiliki program loyalitas. Sebagai member, kamu berhak mendapatkan fasilitas tambahan seperti diskon, upgrade kamar gratis, ataupun akumulasi poin untuk menginap gratis.
    • Kartu Kredit
      Banyak kartu kredit menjalin kerjasama dengan beberapa platform penyedia akomodasi maupun hotel tertentu. Jadi ada baiknya kamu periksa manfaat kartu kreditmu terlebih dahulu.

Tips Tambahan

  • Berhati-hati dengan diskon besar
    Pastikan membaca semua syarat dan ketentuan sebelum memakai promo atau diskon. Perhatikan apakah ada tanggal blackout atau biaya tersembunyi.
  • Selalu bandingkan:
    Jangan terpaku pada satu sumber saja. Bandingkan harga antara website resmi hotel, platform pemesanan, dan ditambah opsi memanfaatkan promo atau kode voucher.

Alternatif Hotel

Untuk mendapatkan harga hotel terbaik, mencari alternatif hotel biasanya bisa membantu meminimalisir pengeluuaranmu, diantaranya :

  • Pertimbangkan hotel non-bintang
    Hotel non-bintang often menawarkan harga lebih murah dibandingkan hotel berbintang. Meskipun fasilitasnya mungkin tidak semewah hotel berbintang, namun kualitasnya bisa setara.
  • Guesthouse dan hostel
    Guesthouse dan hostel menawarkan pilihan akomodasi yang lebih murah dibandingkan hotel. Cocok bagi Anda yang bepergian dengan budget terbatas dan ingin bertemu dengan wisatawan lain.
  • Airbnb
    Airbnb menawarkan berbagai pilihan akomodasi, mulai dari kamar pribadi hingga apartemen dan rumah. Anda dapat menemukan akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Paket Bundling

Biasanya ada beberapa layanan ataupun platform yang menyediakan paket bundling yang menggabungkan hotel dengan tiket pesawat, kereta api, atau atraksi wisata dapat menghemat budget kamu secara signifikan.

Tips Lainnya:

  • Gunakan kartu kredit yang menawarkan cashback untuk pemesanan hotel. Beberapa kartu kredit menawarkan cashback untuk pemesanan hotel. Hal ini dapat membantu kamu menghemat uang.
  • Cobalah untuk nernegosiasi dengan hotel. Jika kamu memiliki budget terbatas, cobalah untuk bernegosiasi dengan hotel untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
  • Pertimbangkan untuk menginap di luar pusat kota. Hal ini dikarenakan hotel di luar pusat kota biasanya menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan hotel di pusat kota.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk hotel dan menghemat uang untuk perjalananmu.

Rekomendasi Hotel Murah di Jogja

Berikut beberapa rekomendasi hotel murah di Jogja berdasarkan range harga:

Hotel Murah Di Jogja Dibawah 100 Ribu

Berikut ini beberapa rekomendasi hotel murah di Jogja dibawah 100 ribu:

  • OYO 444 Rafitha Homestay (Bantul)
    Berlokasi di Jl. Perum Janti Residence kav Blok, Jl. Karangbendo Kulon Blok B4, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198
  • Otu Hostel (Prawirotaman)
    Beralamat di Jl. Prawiro Taman I Gg. Batik Gringsing No.517, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Hotel Murah Di Jogja Dibawah 150 Ribu

Rekomendasi hotel murah di Jogja dibawah 150 ribu, antara lain:

  • Prime Cailendra Hotel (Taman Siswa)
    Beralamatkan di Taman Siswa No. 91 Mergangsang, Yogyakarta
  • D’Senopati Malioboro Hotel (Malioboro)
    Lokasi dari hotel ini ada di Jl. Panembahan Senopati No.40, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121
  • RedDoorz Plus near Malioboro Mall (Malioboro)
    Lokasinya ada di Jl. Robert W Monginsidi No.6, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68416

Baca juga: Rekomendasi Hotel Murah Di Jogja Dibawah 150 Ribu

Hotel Murah Di Jogja Dibawah 200 Ribu

Dan beriktu ini adalah beberapa rekomendasi hotel murah di Jogja dibawah 200 ribu:

  • The 1O1 Yogyakarta Tugu Hotel (Malioboro)
    Alamatnya di THE 1O1 Yogyakarta, Jl. Margo Utomo No.103, Tugu, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55232
  • Ibis Styles Yogyakarta (Malioboro)
    Alamat: Jl. Dagen No.109, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271
  • Ayaartta Hotel Malioboro Yogyakarta (Malioboro)
    Berada di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.123, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262

Baca juga: Hotel murah di Jogja dibawah 200 ribu

Itulah beberapa rekomendasi hotel murah di Jogja berdasarkan kriteria harga. Dan berikut ini beberapa rekomendasi hotel murah di Jogja yang memiliki fasilitas Kolam renang:

  • Jogja Village Inn (Caturtunggal)
    Alamatnya ada di Jl. Menukan No.5, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153. Untuk tarif menginapnya mulai dari 350.000 rupiah
  • Grand Zea Hotel (Caturtunggal)
    Alamatnya ada di Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Untuk tarif menginap permalamnya mulai dari 100.000 rupiah

Disclaimer:

  • Harga dari rekomendasi hotel murah di Jogja yang kami cantumkan bisa beruba-ubah tergantung pada musim, permintaan dan faktor lainnya
  • Pastikan untuk membaca dengan cermat syarat dan ketentuan dari masing-masing hotel sebelum melakukan pemesanan

Kesimpulan

Menemukan hotel murah di Jogja dengan pengalaman menginap yang unik dan nyaman bukan lagi hal yang mustahil. Artikel ini telah mengulas berbagai pilihan hotel dan tips untuk membantu kamu menemukan akomodasi ideal sesuai budget dan kebutuhan.

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

Tags:

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *