Wisata Pantai Jambosag: Pesona Batuan Granit Di Tepi Pantai Pulau Bangka

wisata pantai jambosag
Wisata Pantai Jambosag

RekomendasiWisata.Com – Tau nggak di Pulau Bangka ada wisata pantai yang memiliki pesona pemandangan alam yang akan membuat kamu takjub? Namanya adalah pantai Jambosag, salah satu pantai yang berada di pulau Bangka yang memiliki gugusan batuan granit yang indah yang berada di tepi pantai nya.

Nah, kali ini rekomendasi wisata akan mengajak kamu untuk sedikit mengenal pesona pantai Jambosag yang ada di pulau Bangka ini. Baca terus ulasannya sampai akhir ya.

Lokasi Pantai Jambosag

Pantai ini berlokasi di Matras, Kelurahan Matras Sungailiat, Kabupaten Bangka, provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk menuju pantai ini bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan seperti ojeg ataupun taksi dengan waktu tempuh sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan dari bandara Depati Amir, Pangkalpinang.

Jambosag sendiri berasa dari bahasa Hakka dan terdiri dari dua suku kata, Jambo yang artinya adalah walet dan Sag yang berarti Batu. Menurut keterangan warga lokal, pemberian nama Jambosag sendiri memiliki sebuah cerita yang menarik.

Konon katanya, di bebatuan yang berada di tepian pantai terdapat lorong panjang yang menyerupai sebuah Goa kecil. Di pantai ini juga di percaya menjadi tempat tinggal dan berasarngnya burung walet di bebatuan. Oleh sebab itu, pantai ini diberi nama Jambosag atau Batu Walet.

Pesona Wisata

Apa saja pesona wisata yang ditawarkan pantai ini?

Bebatuan Granit

bebatuan granit wisata pantai jambosag

Ketika kamu berkunjung ke pantai ini, kamu akan menyaksikan deretan bebatuan granit yang tersebar di sepanjang pantai yang menambah keindahan pemandangan dari pantai ini. Tidak hanya itu, deretan bebatuan ini bisa menjadi spot foto yang instagramable sekali buat kamu.

Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan bebatuan yang warnanya mirip dengan warna pelangi. Hal tersebut disebabkan karena bebatuan tersebut terkena pancara sinar matahari dan pantulan dari air laut. Untuk kamu yang ingin menyaksikan bebatuan berwarna mirip pelangi ini, disarankan untuk datang ketika sore hari. Alasannya karena momen tersebut biasanya terjadi ketika sore hari menjelang senja saat langit cerah.

Keindahan Sunset di Tepi Pantai

Keindahan sunset dan senja yang disajikan di pantai ini akan membuat wisatawan yang berkunjung ke tempat ini terpesona. Jadi wajar saja jika pantai ini menjadi destinasi wisata favorit kebanyakan wisatawan.

Keindahan pemandangan alam saat senja di pantai ini, memberikan rasa tenang dan menyenangkan sembari menikmati sunset di sore hari. Bahkan tidak sedikit orang-orang yang rela menghabiskan waktu menikmati senja di pantai ini bersama pasangannya.

Hal tersebut dikarenakan keindahan pantai ini bukan hanya terletak pada pemandangan sunsetnya saja, melainkan suasan ketenangan serta gugusan bebatuan granit yang menambah pesona keindahan di pantai ini. Hamparan paisr putih beserta air lautnya yang jernih menambah daya tarik dari pantai jambosag ini.

Ombak Yang Tenang

Pantai Jambosag ini memiliki hamparan pasir putih yang indah ditambah ombaknya yang tenang, jadi tidak salah jika pantai ini menjadi destinasi wisata favorit untuk keluarga. Kamu bisa berenang di pantai yang airnya jernih, atau hanya sekedar bermain air di tepiannya.

Namun, meskipun pantai ini merupakan salah satu pantai dengan ombak yang tenang di kepulauan Bangka, kamu tetap harus berhati-hati dan mengutaman keselatan ketika bermain air ataupun berenang.

Baca Juga: Keindahan Tebing Marakiri

Harga Tiket Masuk

Tidak ada tarif yang dikenakan untuk masuk ke kawasan pantai ini, hanya saja mungkin kamu akan dikenai biaya parkir kendaraan saja jika menggunakan kendaraan pribadi.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini bisa dikatakan masih belum begitu lengkap. Namun demikian, di tempat ini sudah tersedia beberapa fasilitas umum seperti toilet, beberapa warung makan dan juga tempat parkir. Dan untuk kamu yang akan berkunjung ke pantai jambosag ini, disarankan juga membawa perlengkapan dari rumah seperti makanan dan minuman, serta jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan mandi.

Penutup

Itulah pesona dan keindahan wisata pantai Jambosag yang ada di kepulauan Bangka. Deretan bebaruan granit yang menawan dan juga pemandangan sunset yang tentunya akan membuat pengalaman liburan kamu semakin menyenangkan.

Terima kasih telah membaca ulasan wisata ini. Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini kepada teman ataupun kerabat serta keluarga. Sampai ketemu di ulasan wisata menarik lainnya dan selamat berlibur.

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *