Teluk Ijo Banyuwangi: Pantai Dengan Air Berwarna Hijau

pantai teluk ijo banyuwangi
Pantai Teluk Ijo Banyuwangi

RekomendasiWisata.Com – Berbicara destinasi wisata yang ada di Banyuwangi selalu tidak ada habisnya. Apa lagi sebagai kabupaten yang memiliki garis pantai yang cukup panjang, Banyuwangi memiliki destinasi wisata pantai yang cukup banyak. Teluk Ijo Banyuwangi, merupakan salah satu destinasi wisata yang berupa pantai yang berhadapan langsung dengan samudra Hindia.

Bagaimana akses menuju ke destinasi wisata ini? dan apa saja potensi wisata yang ada di pantai ini? Pada kesempatan kali ini, rekomendasi akan mengulasnya.

Akses Menuju Teluk Ijo Banyuwangi

Pantai Teluk ijo berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi, tepatnya berada di dusun Krajan, Desa Sarongan, Kecamanan Pesanggaran, Banyuwangi. Kamu bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi Teluk ijo, dibutuhkan sekitar 2 jam perjalan dari pusat kota Banyuwangi.

Dari pusat kota Banyuwangi, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju ke arah selatan menuju kecamatan Gambiran. Pada perempatan Jajag, ambil arah kiri untuk kemudian menuju kecamatan pesanggaran hingga sampai di desa Sarongan.

Setelah tiba di desa Sarongan, ada 2 pilihan rute menuju pantai teluk Ijo. Yang pertama kamu bisa menggunakan perahu yang disediakan nalayan melalui pantai Rajegwesi dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Untuk biaya sewa perahu dikenai tarif sebesar Rp 35.000 per orang.

Rute kedua adalah kamu bisa langsung menuju ke Pantai Teluk ijo Banyuwangi melalui jalan darat. Hanya saja disini kamu harus berjalan kaki melalui jalan setapak yang cukup terjal dengan jarak kurang lebih 1 km dengan waktu tempuh antara 30 – 60 menit.

Rute GMap

Kecamatan Pesanggaran yang lokasi memang berhadapan langsung dengan samudra Hindia, membuat kecamatan memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai. Beberapa diantaranya adalah pantai pulau merah, pantai mustika dan yang sedang viral saat ini adalah Mbedil Island.

Baca Juga: Wisata Bedil Island Banyuwangi

Pesona Wisata

Pantai Teluk Ijo banyuwangi memiliki pesona alam yang luar biasa. Pantai ini termasuk surga yang tersembunyi karena lokasinya yang masih terjaga dan asri serta aksesnya yang terbilang tidak mudah dan cukup menantang.

Daya tarik utama yang dimiliki oleh pantai teluk ijo Banyuwangi adalah warna lautnya yang berwarna hijau, oleh sebab itu destinasi wisata ini diberi nama Teluk Ijo. Fenomena ini tentunya sangat berbeda dengan warna air laut pada umumnya yang berwarna biru.

Hamparan pasir putih yang kontras dengan warna air lautnya dan gugusan bebatuan karang yang ada di tepi pantai menambah keindahan penorama yang disajikan. Dan karena lokasinya yang tergolong tersembunyi dan jauh dari keramain, tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Satu hal yang perlu di perhatikan, karena pantai ini memiliki ombak yang relatif besar, sangat dilarang bagi pengunjung untuk berenang di kawasan pantai ini. Namun demikian, kamu bisa melakukan aktifitas snorkeling dikawasan tepi pantai yang ombaknya cenderung lebih kecil.

Harga Tiket Masuk

Untuk tarif masuk ke kawasan pantai teluk ijo Banyuwangi ini, kamu akan dikenakan tarif yang relatif murah yaitu sebesar Rp 5.000 per orang pada hari Senin – Kamis, dan pada weekend ataupun libur nasional kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 7.500 per orang.

Tarif tiket masuk tersebut merupakan tarif tiket untuk pengunjung domestik, sedangkan untuk wisatawan manca negara, akan dikenakan tarif sebesar Rp 150.000 untuk hari Senin – Kamis dan Rp 225.000 ketika akhir pekan atau hari libur nasional.

Berdasarkan info yang rekomendasi wisata dapat, untuk pembelian tiket masuk ini bisa di lakukan ketika kamu berada di pantai Rajegwesi.

Penutup

Teluk ijo Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang berada didalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Keindahan panorama alamnya dan air lautnya yang berwarna hijau tentunya menjadi daya tarik tersediri untuk wisatawan berkunjung ke tempat ini. Tertarik untuk berlibur ke pantai ini? segera atur liburan kamu ke Banyuwangi dan nikmati suasa nyaman yang ada di pantai ini.

Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini kepada teman ataupun kerabat dan sampai jumpa pada ulasan wisata lain yang tentunya tidak kalah menarik. Selamat berlibur

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *