Pesona Alam Pulau Mincau: Pulau Tak Berpenghuni Yang Indah

Pulau mincau

RekomendasiWisata.Com – Nangru Aceh Darussalam yang terkenal dengan sebutan serambi mekah ternyata memiliki destinasi wisata pantai yang mempesona. Kamu akan terpesona dengan keindahan alam dari pulau Mincau yang terletak di provinsi Aceh ini. Hamparan pasir putih yang berada di tepian pantai yang berhadapan langsung dengan samudra Hindia, akan menambah daya tarik untuk setiap wisatawan.

Apa saja pesona alam yang ditawarkan oleh destinasi wisata pulau Mincau ini? bagaimana akses dan juga harga tiket masuk menuju pulau ini? Berikut ini rekomendasi wisata akan mengulasnya untuk kamu.

Lokasi dan Akses Menuju Pulau Mincau

Terletak di kabupaten Simeulue Provinsi Nangru Aceh Darusalam. Nama kabupaten Simeulue ini pun sudah terkenal luas ke mancanegara, yang disebarkan oleh para pecinta lobster ataupun para turis penjelajag wisata pantai.

Tapi sayangnya, meskipun sudah banyak terkenal ke mancanegara, masih banyak sekali potensi wisata di kabupaten Ini yang masih belum tergarap secara maksimal, salah satunya adalah Pulau Mincau. Meskipun memiliki potensi wisata, pantai yang berada di kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue ini masih dibiarkan begitu saja tanpa adanya pengelolaan yang maksimal.

Perlu diketahui, Pulau Mincau merupakan pulau yang tak berpenghuni yang letaknya tidak jauh dari pulau Teupah yang berpenghuni. Pulau ini dulunya digunakan sebagai tempat budidaya lobster, namun saat ini sudah tidak digunakan lagi. Untuk bisa mencapai ke pulau ini, kamu bisa menggunakan perahu nelayan.

Untuk tarif sewa perahu nelayan antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000 untuk antar dan jemput dengan kapasitas 5 hingga 10 orang per perahu. Untuk waktu tempuh yang di butuhkan menggunakan perahu sekitar 90 menit jika cuaca cerah.

Selama perjalanan menuju pulau Mincau, kamu juga bisa melihat secara lebih dekat pulau Sefelak atau lebih dikenal dengan Pulau Susi oleh masyarakat setempat. Penamaan pulau tersebut dikarenakan pulau ini dikelola oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti.

Pesona Wisata

Sebagai pulau tak berpenghuni, pulau ini memiliki berbagai potensi wisata yang menarik, terutama wisata baharinya yang memukau. Di pulau ini terdapat kawasan hutan kelapa yang tumbuh subur serta terdapat spesies burung Punai Putih yang masih hidup di kawasan ini.

Tidak hanya itu, beberapa kawanan penyu juga menjadikan pulau ini sebagai tempat mereka bertelur. Kamu juga bisa menyaksikan beberapa sambaran ikan-ikan di permukaan laut yang membuat laut di sekitar pulau ini sangat cocok untuk kegiatan memancing.

Tidak hanya itu, panorama pemandangan bawah laut dari pulau ini juga menjadi salah satu magnet untuk pengunjung datang ke pulau ini. Sayangnya, kamu harus membawa peralawatan snorkeling sendiri jika ingin menikmati keindahan pemandangan bawah lautnya.

Potensi wisata dari pulau ini sudah sangat luas tersebar bahkan hingga sampai ke mancanegara. Namun mungkin karena kesulitan akses menuju pulau ini, tidak banyak masyarakat sekitar yang berkunjung ke pulau ini. Oleh sebab itu, keindahan alam pulau ini lebih banyak diceritakan oleh para wisatawan mancanegara ataupun wisatawan nasional.

Baca Juga: Keindahan Danau Toba – Sumatera

Harga Tiket Masuk

Tidak ada harga tiket masuk untuk masuk ke pulau ini. Namun demikian, pengunjung tetap harus menyeluarkan biaya untuk kebutuhan sewa perahu yang digunakan untuk menuju pulau Mincau.

Fasilitas Yang Tersedia

Pulau ini termasuk pulau yang tak berpenghuni, dimana pada awalnya pulau ini digunakan sebagai tempat budidaya Lobster. Oleh sebab itu, tidak ada sama sekali fasilitas umum di pulau ini. Kamu harus membawa perlengkapan mulai perbekalan, pakaian ganti, dan perlengkapan lainnya sejak awal.

Penutup

Itulah tadi sedikit ulasan tentang pulau Mincau yang berada di kabupaten Simeulue Provinsi Nangru Aceh Darussalam. Sedikit tips untuk kamu yang akan berkunjung Pulau ini :

  • Hindari berkunjung ketika musim penghujan
  • Karena memang fasilitasnya yang masih belum lengkap, sebaiknya membawa perbekalan sendiri.
  • Jangan lupa membawa tabir surya dan kaca mata hitam.
  • Jangan membuang sampah sembarangan agar alam tetap terjaga

Semoga ulasan singkat ini bisa menjadi gambaran buat kamu dan jangan lupa untuk membagikan ulasan ini kepada teman ataupun kerabat. Sampai jumpa pada ulasan rekomendasi wisata menarik lainnya dan selamat berlibur.

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *