Mengungkap Pesona Taman Nasional Komodo

RekomendasiWisata.com – Halo sobat traveler, kita traveling lagi lagi yuk menjelajahi keindahan alam Indonesia. Kali ini Rekomendasi Wisata akan mengajak kamu berkunjung ke Taman Nasional Komodo yang berada di daerah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pada ulasan kali ini, kita akan mebahas keunikan, sejarah, hewan dan flora serta pesona alam yang ada di Taman Nasional ini. Pengen tau lebih jauh tentang objek wisata ini? baca terus ulasannya sampai akhir ya.

Sejarah Taman Nasional Komodo

Sejarah pengelolaan Taman Nasional ini sudah dimulai sejak abad ke 19, ketika wilayah ini masuk masuk kedalam wilayah kesultanan Bima dan dalam pengendailian pemerintah Hindia Belanda. Ketika pertama kali diperkenalkan, biawak komodo yang ada di pulau komodo ini mendapatkan tenakan eksploitasi untuk kepentingan penelitian oleh kebun binatang di luar negeri.

Untuk memenuhi keinginan tersebut, pemerintah Hindia Belanda melakukan pengiriman biawak Komodo ke Amerika Serikat dan Eropa, hingga akhirnya mereka merasa bahwa kelestarian hewan tersebut semakin terancam, akhirnya pemerintah Hindia Belanda menekan sultan Bima untuk menerbitkan keputusan perlindungan untuk biawak Komodo.

Upaya tersebut akhirnya dilanjutkan oleh pemerintah Indonesia pasca merdeka hingga saat ini. Dengan demikian, Taman Nasional Komodo menjadi kawasan konsevasi yang memiliki histori perjalanan giat konservasi yang lengkap untuk bisa dipelajari oleh masyarakat saat ini.

Pesona Alam Taman Nasional Komodo

Taman nasional ini terdiri dari 3 pulau besar yaitu pulau komodo, pulau rinca, dan pulau padar. Selain itu juga terdapat beberapa pulau kecil di kawasan taman nasional ini. Sesuai dengan namanya, daya tarik dari taman nasional ini adalah reptil raksasa purba Biawak Komodo. Selain itu, pemandangan alam dan keindahat dasar lautnya pun tidak kalah menakjubkannya.

Reptil Purba Yang Masih Hidup di Pulau Komodo

reptil taman nasional komodo

Taman nasional ini merupakan habitat asli dari Reptil Raksasa purba Biawak Komodo. Ada kurang lebih sekitar 2.600 ekor biawak komodo yang tinggal di sini. Jika biasanya kamu hanya melihat foto biawak komodo hanya melalui gambar, di tempat ini kamu akan terpukau karena bisa bertemu langsung dengan reptil raksasa yang memiliki panjang 3 meter dengan berat mencapai lebih dari 70 kg ini.

Tetapi perlu diketahui, kamu hanya bisa menyaksikan langsung reptil ini hanya dari jarak minimal 300 meter saja. Hal tersebut dikarenakan komodo termasuk hewan buas yang memiliki racun pada air liur nya.

Selain dapat menyaksikan komodo secara langsung, sobat traveler juga bertemu langsung denganberbagai fauna seperti kuda, kerbau, rusa timor. Terdapat juga kurang lebih 12 jenis spesies ular dan 9 jenis spesies kadal.

Selain fauna darat, fauna laut dari tempat ini juga akan memanjakan kita, dengan lebih dari 1000 spesies ikan seperti lumba-lumba, ikan paus dan juga penyu hijau.

Pantai Pink Yang Menawan

pantai pink taman nasional komodo

Sebagai wilayah yang terdiri dari beberapa pulau, taman nasional ini tentunya memiliki beberapa objek wisata pantai. Salah satunya adalah pantai Pink. Pemberian nama pantai pink itu sendiri didasari oleh warna pasir yang  ada di pantai ini yang terlihat berwarna pink.

Warna pink pada pasir pantai tersebut berasal dari perpaduan pasir putih dengan degradasi karang merah. Jika kamu punya drone, kamu bisa mengambil view dari udara pada pantai ini yang tentunya akan tampak lebih indah dan menakjubkan.

Pendakian Dengan Panorama Alam Yang Indah

pendakian teman nasional komodo

Buat sobat travel yang hobi mendaki, di Taman Nasional Komodo ini juga terdapat sebuah pulau yang bernama pulau Padar. Dengan rute pendakian melewati bebatuan yang menanjak, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam saja kamu sudah bisa mencapai puncak dari pulau ini.

Ketika sampai di puncak, kamu akan dapat melihat betapa indahnya panorama alam dari kawasan Taman Nasional Komodo yang tentunya akan membuat kamu terpukau.

Pemandangan Dasar Laut Yang Menawan

bawah laut taman nasional komodo

Selain pesona alam dan fauna daratnya, pemandangan laut Taman Nasional Komodo tidak kalah indahnya. Dengan pemandangan terumbu karang dan lebih dari 1000 spesies ikan, tentu menjadi pengalaman wisata tersendiri.

Letaknya yang tepat berada di jantung segitiga terumbu karang pasifik, menjadikan pemandangan laut Taman Nasional Komodo sebagai salah satu surga bawah laut terkaya di dunia.

Akhir Kata

Sudah terbayang bagaimana keindahan dan pesona Taman Nasional Komodo? Kamu akan mendapatkan pengalaman wisata yang tak kan terlupakan disini. Bisa bertemu dengan reptil purba raksasa Biawak Komodo langsung di habitatnya, serta pesona alam yang tentunya menjadi pengalaman wisata tersendiri yang akan membuat kamu terpukau.

Segera atur rencana liburan kamu bersama teman atau keuarga. Jangan lupa juga untuk membagikan ulasan ini kepada mereka. Sampai ketemu di rekomendasi wisata lainnya yang tidak kalah serunya.

sumber : wikipedia

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *