4 Hal Tentang Ranu Gumbolo Tulungagung Yang Harus Kamu Tau

RekomendasiWisata.com – Halo sobat traveller, semoga nggak bosen-bosen ya baca ulasan dari Rekomendasi Wisata. Kali ini kita akan menuju ke Tulungagung, tepatnya ke objek wisata Ranu Gumbolo Tulungagung. Pada ulasan kali ini kamu akan mendapatkan informasi seputar rute, fasilitas, panorama yang ditawarkan hingga harga tiket masuk dan jam operasional tempat wisata ini. Jadi, simak sampai akhir ya ulasan berikut ini.

Lokasi & Rute Menuju Ranu Gumbolo Tulungagung

pesona ranu gumbolo tulungagung

Ranu Gumbolo merupakan objek wisata berupa danau yang memiliki beberapa wahanan wisata seperti bumi perkemahan, hutan pinus dan juga wahana air. Berlokasi di Desa Bantengan, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Ranu Gumbolo merupakan danau dengan aliran air yang berasal dari waduk Wonorejo di Tulungagung. Oleh sebab itu, ranu Gumbolo Tulungagung ini bisa dikatakan sebagai bagian dari waduk Wonorejo. Dikelilingi oleh hutan pinus, membuat danau ini memilik pemandangan yang sangat mempesona.

Untuk rute menuju danau ini, dari Surabaya ambi arah menuju ke Wonorejo hingga melewati pintu masuk waduk Wonorejo. Ikuti saja jalan yang ada hingga ketemu dengan SD lalu belok ke kanan hingga menemui sebuah pertigaan. Dari pertigaan tersebut belok kanan, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai pada Ranu Gumbolo.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

fasilitas ranu gumbolo

Danau ini menawarkan panorama alam yang mempesona dengan hamparan air yang berwarna hijau zamrud yang dikelilingi oleh deretan perbukitan asri. Perpaduan antara air dan bukit ini menciptakan lukisan alam yang memanjakan mata. Keindahan alam semakin sempurna dengan hadirnya hutan pinus yang mengelilingi danau, menghadirkan suasana tenang dan damai.

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi danau, berbagai pilihan aktivitas menarik tersedia. Pengunjung dapat menyewa sepeda air dan mengayuhnya di atas permukaan danau, menikmati panorama hutan dari perspektif yang berbeda. Pilihan lain adalah menaiki perahu bambu tradisional yang akan membawa pengunjung menjelajahi keindahan danau lebih jauh, hingga mencapai area tengah danau.

Keindahan dan ketenangan danau ini menjadikannya destinasi wisata alam yang sempurna bagi mereka yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Pengunjung dapat menikmati momen relaksasi di tengah alam, jauh dari keramaian dan kebisingan.

Jika kamu ingin menikmati suasana malam di Ranu Gumbol, kamu juga bisa camping di tempat ini, karena tersedia juga arena untuk kamu yang ingin menikmati nuansa hening dan menenangkan di tempat ini.

Fasilitas Yang Disediakan

Ranu Gumbolo merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di jawa timur yang memiliki fasilitas yang tergolong lengkap. Fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti area parkir yang cukup luas, toilet umum, gazebo atau pondok untuk beristirahat, mushollah dan juga terdapat warung untuk memenuhi kebutuhan perut pengunjung. Fasilitas tersebut tentunya semakin menambah kenyamanan pengunjung yang datang ke tempat ini.

Selain itu tersedia juga wahana outbond seperti flyingfox untuk kamu yang suka memacu adrenalin. Terdapat juga penyewaan hammock untuk bersantai di bawah teduhnya pepohonan pinus. Tersedia juga gardu pandang untuk menikmati keindahan pemandangan ranu gumbolo dari atas.

Disediakan juga penyewaan perahu bebek yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling danau.

Harga Tiket Dan Jam Operasional

Harga tiket masuk di ranu Gumbolo Tulungagung ini di banderol sebesar Rp 6.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 8.000 per orang untuk weekend atau hari libur. Tarif tersebut masih belum termasuk parkir kendaraan dimana untuk parkir kendaraan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Untuk jam operasional, Ranu Gumbolo Tulungagung buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Tips Wisata Ke Ranu Gumbolo

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Ranu Gumbolo Tulungagung, Rekomendasi Wisata ada sedikit tips yng mungkin bisa kamu gunakan ketika berkunjung ke Ranu Gumbolo, antara lain :

  • Jangan menggunakan sepatu hak tinggi atau alas kaki yang licin untuk kenyamanan ketika beraktifitas di ranu kumbolo
  • Gunakan alas kami yang nyaman seperti sepatu sneaker ataupun sandal gunung, mengingat lokasi ranu gumbolo ini merupakan daerah perbukitan
  • Jika kamu memang berniat bercamping di ranu Gumbolo Tulungagung, jangan lupa untuk membawa perlatan dan perbekalan camping sendiri, karena di ranu gumbolo.
  • Kamu juga bisa melakukan aktifitas memancing di danau ini, tetapi jangan lupa juga untuk membawa peralatan mancing sendiri ya.

Akhir Kata

Ranu Gumbolo Tulungagung merupakan danau dengan aliran air dari waduk Wonorejo. Danau ini dikelilingi dengan hutan pinus yang akan menambah pesona keindahan objek wisata ini. terdapat juga berbagai fasilitas seperti musholla, toilet umum, arena camping dan outbond. Jadi segera atur jadwal  liburanmu bersama kawan ataupun keluarga, dan jangan lupa membagikan ulasan ini dengan mereka.

Sampai ketemu pada Rekomendasi Wisata lainnya yang pastinya tidak kalah seru.

sumber: jatimnetwork.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *