5 Destinasi Wisata Kintamani Bali Terbaik

RekomendasiWisata.com – Halo sobat traveler, apa kabar? kali ini kita coba eksplorasi wisata yang ada di pulau dewata, tepatnya kintamani Bali. Kita akan coba mengulas 5 destinasi yang ada di wisata kintamani bali yang nggak boleh kamu lupa untuk kunjungi ketika berkunjung ke desa yang berada di kabupaten Bangli, Bali ini. Apa saja destinasi wisata di kintamni yang layak untuk kita kunjungi, silahkan baca sampai akhir ya ulasan berikut ini.

5 Destinasi Wisata di Kintamani Bali

Kintamani merupakan nama kecamatan yang berada di kabupaten Bangli Provinsi Bali. Berada di ketinggian 1.152 meter di atas permukaan laut, menjadikannya udara yang ada di sini begitu segar. Dengan wilayahnya yang sebagian besar berupa pegunungan, membuat kecamatan ini memiliki pesona alam yang mempesona.

Saat kita mengelilingi kecamatan ini, sepanjang jalan kita akan disuguhkan pemandangan sawah dan perkebunan yang menghijau. terdapat juga beberapa destinasi wisata di Kintamani Bali ini, diantaranya :

  • Gunung Batur
  • Danau Batur
  • Pura Ulun Danau Batur
  • Desa Trunyan
  • Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Dan berikut ini adalah pesona alam yang ditawarkan dari kelima destinasi wisata Kintamani Bali tersebut.

Gunung Batur

Buat kamu yang suka dengan aktifitas hiking, objek wisata gunung Batur merupakan tempat yang tepat. Gunung yang berada di wilayah Bangli ini merupakan gunung tertinggi kedua di provinsi Bali dan merupakan Gunung Api Aktif.

Untuk dapat mencapai puncak gunung batur yang memiliki ketinggian 1.717 meter diatas permukaan laut, membutuhkan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam. Terdapat beberapa jalur alternatif pendakian untuk menuju puncak gunung yang ada wilayah kintamani bali ini. salah satunya adalah melewati pemandian air panas toya bungkah atau dapat pula melalui jalur pura pasar Agung.

Buat kamu yang suka dengan tantangan, Jalur pendakian gunung Batur sangat cocok buat kamu karena jalur pendakiannya yang cukup terjal. Selama rute pendakian, kamu akan dapat menyaksikan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Untuk dapat masuk ke kawasan gunung Batur ini, kamu akan dikenai tiket masuh sebesar Rp 10.000 per orang.

Danau Batur

danau batur kintamani

Danau Batur berada di lereng gunung Batur, Kintamani Bali. Tersedia juga penyewaan perahu yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling danau. Terdapat juga perahu yang berbentuk angsa yang bisa di tumangi oleh 2 orang.

Bentuk dari danau Batur ini menyerupai bulan sabit, dimana bentuk danau ini akan terlihat sangat ketika diamati dari udara. Oleh sebab itu, danau Batur dijuluki sebagai kaldera paling indah di dunia.

Luas kaldera danau Batur ini mencapai 16,6 km2. Oleh sebab itu, kaldera danau ini merupakan kaldera terluas kedua di nusantara setelah danau Toba yang ada di Sumatra.

Keunikan lainnya dari danau Batur ini adalah air danaunya yang bisa berubah-ubah. Hal tersebut di sebabkan karena kandungan belerang yang terdapat pada danau tersebut. Bagi pengunjung akan dikenakan tiket masuk dengan tarif sebesar Rp 15.000 per orang.

Pura Ulun Danau Batur

Pura ulun danau batur kintamani

Mungkin kamu pernah melihat sebuah gambar pura yang berada di pinggi danau yang biasanya menjadi ikon pulau dewata. Ya, itulah Pura Ulun Danau Batur, salah satu destinasi wisata religi yang ada di kintamani Bali.

Ketika letusan gunung Batur pada tahun 1962, pura ini pernah hancur akibat dari letusan gunung tersebut. Namun tidak perlu menunggu waktu lama, pura ini kemudian di perbaiki lagi.

Lokasinya yang tepat berada di pinggir danau, menambah megah dan eksotis dengan keindahan pura ini. Bagi pengunjung yang ingin masuk ke area pura ini, cukup menyisihkan uang sebesar Rp 10.000 per orang sebagai tiket masuknya.

Desa Trunyan

desa adat trunya kintamani bali

Bagi kamu yang liburan sekaligus ingin belajar budaya dan sejarah, Desa Trunyan di Kintamani Bali menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Desa adat tertua di Bali ini menyimpan keunikan tradisi pemakaman yang berbeda dari desa-desa lainnya di pulau dewata.

Berbeda dengan tradisi Ngaben yang membakar dan menyebarkan abu jenazah ke laut, Desa Trunyan menganut tradisi “Mepasah”. Dalam tradisi ini, jenazah dibaringkan di bawah pohon Taru Menyan dan dibiarkan membusuk di permukaan tanah dangkal berbentuk cekungan.

Keunikan tradisi Mepasah terletak pada tidak adanya bau busuk yang biasanya menyertai jenazah. Pohon Taru Menyan dipercaya memiliki kekuatan mistis yang mampu menetralisir bau tersebut. Tak heran, pengunjung desa ini sering menemukan tengkorak manusia yang tergeletak di bawah pohon Taru Menyan.

Lebih dari sekadar melihat keunikan tradisi pemakaman, Desa Trunyan menawarkan panorama alam yang memukau. Danau Batur yang berkilauan dihiasi pemandangan Gunung Batur yang menjulang tinggi menjadi latar belakang desa yang mempesona. Pengunjung dapat menjelajahi desa dengan perahu, mengamati kehidupan masyarakat adat, dan mempelajari sejarah serta filosofi di balik tradisi Mepasah.

Bagi para pencinta budaya dan sejarah, Desa Trunyan di Kintamani Bali adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di sini, Anda akan menemukan perpaduan tradisi kuno, alam yang indah, dan keramahan penduduk lokal yang tak terlupakan.

Pemandian Air Panas Toya Bungkah Kintamani

Bagi para pecinta wisata alam dan relaksasi, Pemandian Air Panas Toya Bungkah di Kintamani Bali menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Lokasinya terletak di kaki Gunung Batur, pemandian ini menghadirkan ketenangan dan kesegaran di tengah panorama alam yang memukau.

Air Panas Toya Bungkah berasal dari mata air panas alami yang kaya akan mineral. Kandungan belerang di dalamnya dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti:

  • Menyembuhkan penyakit kulit: Sifat anti-inflamasi dan antibakteri belerang membantu meredakan berbagai kondisi kulit seperti gatal-gatal, eksim, dan psoriasis.
  • Menjaga kekencangan kulit: Mineral dalam air panas dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin, sehingga kulit tampak lebih kencang dan awet muda.
  • Meredakan nyeri otot dan sendi: Suhu air panas membantu melancarkan aliran darah dan meringankan rasa sakit pada otot dan sendi yang tegang.

Pengunjung dapat memilih untuk berendam di kolam pribadi atau di kolam umum. Pemandangan alam yang indah, seperti Gunung Batur yang menjulang tinggi dan Danau Batur yang berkilauan, menambah suasana relaksasi dan ketenangan.

Pemandian Air Panas Toya Bungkah selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin merasakan manfaat kesehatan dan ketenangan dari air panas alami. Fasilitas yang lengkap, seperti ruang ganti, toilet, dan restoran, membuat kunjungan ke pemandian ini semakin nyaman.

Akhir Kata

Bukan hanya wisata pantainya saja yang mempesona, Bali masih menyimpan banyak sekali potensi wisata baik wisata pegunungan ataupun wisata budaya yang memang sangat beragam. Kintamani sebagai salah satu wilayah yang berada di dataran tinggi, tentu menyimpan banyak sekali destinasi wisata.

Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini kepada teman ataupun keluarga ya. Sampai jumpa pada rekomendasi wisata berikutnya yang tentunya tidak kalah menarik.

Sumber : Wikipedia

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *