Ingin Liburan Seru? Grojogan Sewu Tawarkan Panorama Alam yang Eksotis

RekomendasiWisata.com – Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk air terjun yang mempesona. Salah satu destinasi wisata air terjun yang patut untuk dikunjungi adalah Grojogan Sewu yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dan berikut ini rekomendasi wisata akan memberikan ulasan tentang objek wisata air terjun yang eksotik ini.

Grojogan Sewu, Pesona Alam yang Memukau

pesona grojogan sewu

Air terjun Grojogan Sewu memiliki arti “Air Terjun Seribu” dalam Bahasa Indonesia. Ketinggian air terjun di sini kurang lebih mencapai 81 meter. Meskipun terlihat hanya ada satu air terjun, akan tetapi ada beberapa titik air terjun lagi yang dapat dinikmati. Oleh sebab itulah wisata air terjun ini diberi nama Grojokan Sewu.

Air terjun utama Grojogan Sewu memiliki debit air yang cukup deras, terutama pada musim penghujan. Ketika air terjun ini dialiri air yang deras, suaranya terdengar gemuruh dan semburan airnya dapat menghasilkan kabut tipis yang menyejukkan.

Trekking yang Menyenangkan Menuju Grojogan Sewu

tracking grojogan sewu

Untuk sampai ke air terjun Grojogan Sewu, wisatawan perlu melakukan trekking dengan menyusuri jalan setapak yang sudah tertata rapi. Perjalanan trekking ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang asri, pepohonan yang rindang, dan kicauan burung yang merdu.

Bagi wisatawan yang tidak terbiasa trekking, jarak tempuh menuju air terjun Grojogan Sewu mungkin terasa sedikit melelahkan. Namun, rasa lelah tersebut akan terbayar lunas ketika Anda sampai di lokasi air terjun dan melihat keindahannya secara langsung.

Bermain Air di Kolam Alami

Setelah trekking yang menyenangkan, wisatawan dapat bermain air di kolam yang berada di bawah air terjun utama Grojogan Sewu. Kolam alami ini memiliki air yang jernih dan segar, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain air dan berenang.

Namun, wisatawan perlu tetap berhati-hati saat bermain air di kolam ini. Arus air di sekitar air terjun bisa jadi deras, terutama pada saat musim penghujan. Pastikan untuk selalu mengawasi anak-anak saat bermain air dan tidak berenang terlalu jauh dari tepi kolam.

Menikmati Kesegaran Udara Pegunungan

Selain bermain air, wisatawan juga bisa bersantai sambil menikmati kesegaran udara pegunungan di sekitar air terjun. Suasana di sekitar air terjun ini masih sangat asri dan alami, sehingga udaranya terasa sejuk dan segar.

Untuk menambah kenyamanan, wisatawan bisa membawa tikar atau alas duduk untuk bersantai di bawah rindangnya pepohonan. Nikmati suara gemericik air terjun dan pemandangan alam yang hijau nan asri untuk meredakan penat setelah rutinitas sehari-hari.

Berburu Foto Instagramable

lokasi instagramable grojogan sewu

Keindahan alam Grojogan Sewu tentu saja sayang untuk dilewatkan begitu saja. Air terjun yang menjulang tinggi beserta banyaknya titik air terjun kecil lainnya, kolam alami yang jernih, dan suasana pegunungan yang asri menjadi spot foto yang sangat instagramable.

Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah, bermain air sambil berpose, atau hanya sekedar duduk bersantai di bawah pepohonan sambil berfoto dengan teman atau keluarga.

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun berada di tengah hutan, namun destinasi wisata ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang untuk kenyamanan wisatawan. Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah:

  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Warung-warung yang menjual makanan dan minuman
  • Toilet umum
  • Mushola

Dengan adanya fasilitas tersebut, wisatawan tidak perlu lagi khawatir kesulitan untuk memenuhi kebutuhan selama berwisata di Grojogan Sewu.

Akses Menuju Grojogan Sewu

Objek wisata ini terletak di Desa Jatisari, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari pusat Kota Solo ke Grojogan Sewu sekitar 17 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Akses menuju Grojogan Sewu bisa dilalui dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, perlu diingat bahwa kondisi jalan menuju lokasi wisata ini sedikit berkelok-kelok dan menanjak. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Grojogan Sewu terbagi menjadi 2 jenis. Untuk wisatawan lokal dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 per orang, sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan tarif Rp 150.000 pada hari kerja dan Rp 175. 000 pada saat weekend atau hari libur kerja.

Objek wisata Grojogan sewu buka setiap hari mulai jam pagi hingga sore, buka pada pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 16.00 wib.

Akhir Kata

Air terjun grojogan sewu merupakan salah satu air terjun yang eksotik yang patut kamu kunjungi. Dengan pesona alam yang masih sangat alami, membuat objek wisata ini layak masuk kedalam jadwal liburan. Jangan lupa untuk berbagi informasi ini kepada teman ataupun keluarga dan sampai ketemu pada ulasan rekomendasi wisata berikutnya yang tentunya tidak kalah serunya.

Sumber: Situs Resmi Kabupaten Karanganyar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *