5 Wisata Air Terjun Banyuwangi Yang Wajib Kamu Kunjungi

RekomendasiWisata.com – Rekomendasi Wisata kita kali ini adalah 5 wisata air terjun Banyuwangi yang menakjubkan. Bagi Kamu yang sedang berkunjung ke Banyuwangi, dan kebetulan menyukai petualangan alam, pasti tak akan melewatkan untuk mengunjungi air terjun-air terjun cantik di Banyuwangi. Dari air terjun yang tinggi nan megah hingga yang tersembunyi di dalam hutan, Banyuwangi memiliki pesona alam yang sungguh memukau. Mari kita jelajahi bersama-sama! Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam yang tiada tara.

Wisata Air Terjun Jagir: Pesona Alam yang Memikat di Banyuwangi

wisata air terjun jagir

Wisata air Terjun Jagir adalah keajaiban alam yang memikat di Banyuwangi, Jawa Timur. Dikelilingi oleh hutan hijau yang lebat, air terjun ini menawarkan pesona alam yang memukau. Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian menambah keindahan tempat ini.

Dikelilingi oleh pepohonan rindang, udara segar, dan nuansa alami yang menyejukkan, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang autentik. Air terjun ini juga menjadi tempat yang tepat untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Kehadiran Air Terjun Jagir menjadi daya tarik bagi para pecinta alam dan para pelancong yang mencari keindahan alam yang belum terjamah. Dengan segala keunikan dan pesonanya, Air Terjun Jagir menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Air Terjun Kalibendo: Air Terjun Cantik Dekat Pusat Kota

wisata air terjun kalibendo

Air terjun Kalibendo terletak di Dusun Krajan, Kp. Anyar, Kec. Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Memiliki ketinggian sekitar 10 meter, air terjun ini terletak di perkebunan cengkeh yang berada di kawasan Agro Wisata Kalbendo.

Aliran air dari air terjun ini tidak terlalu deras, namun ketika memasukin musim penghunjan debit air dapat meningkat pesat. Aliran sungai dari air terjun ini melewati sungai dengan bebatuan yang besar, bahkan di beberapa titik terdapat kolam alami yang terbentu secara alamai dari susunan batu-batuan kali.

Akses ke wisata air terjun ini pun cukup mudah. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalan menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Banyuwangi. Selama melewati jalanan setapan menuju lokasi air terjun, kita akan mencium aroma segar cengkeh.

Air Terjun Lider: Air Terjun Tertinggi di Banyuwangi

wisata air terjun lider

Air terjun Lider memiliki ketinggian 60 meter, oleh karena itulah air terjun ini menjadi wisata air terjun Banyuwangi yang tertinggi dibanding air terjun-air terjun lainnya. Lokasi air terjun ini berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Untuk menuju lokasi air terjun yang berjarak 45 km dari pusat kota Banyuwangi ini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak tempuh sekitar 1 jam 30 menit.

Lokasinya yang terletak di hutan lindung petak 74, Blok Lider, di lereng timur Gunung Raung menjadikan air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dikelilingi pepohonan yang di lengkapi dengan udara yang segar, jauh dari polusi.

Buat kamu yang sudah tantangan di alam, wisata air terjun ini sangat cocok kamu kunjungi. Hal tersebut di karena ada rute yang hanya bisa di lalui dengan berjalan kaki, dimana kita harus melewati sebuah tebing dan berjalan serta menyebrangi aliran sungai di tengah hutan yang masih alami. Jika beruntung, sepanjang perjalanan kita juga bisa menyaksikan penampakan satwa seperti beberapa spesies kera.

Untuk tiket masuk, pengunjung hanya akan di kenakan biaya parkir saja dengan besarannya Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Air Terjun Telunjuk Raung: Wisata Air Terjun Banyuwangi yang Eksotis

wisata air terjun telunjuk raung

Selain air terjun Lider, di kecamatan Songgon masih terdapat lagi air terjun yang tidak kalah indahnya. Air terjun tersebut adalah air terjun Telunjuk Raung, yang masih berada di Desa Sumbersari Kecamatan Songgon. Air terjun ini merupakan surga kecil dengan aliran air sungainya yang berwarna hijau kebiruan, menandakan betapa segar dan jernihnya aliran sungai tersebut.

Bukan tanpa alasan, penamaan Telunjuk Raung itu karena bentuk dari aliran air terjun ini tegal lurus seperti jaru telunjuk. Disini kita akan disuguhi dengan lanskap alam yang benar-benar masih alami. Kita juga bertemu dengan area yang di tumbuhi dengan tanaman sayuran selada air yang segar. Terdapat pula kolam alami di aliran air terjun telunjuk raung, dimana kita juga bisa berendam untuk menikmati segarnya aliran suangi dari air terjun telunjuk raung.

Buat kamu yang berselfie ria, wisata air terjun Telunjuk Raung ini memiliki banyak spot foto yang tentunya instagramable. Dan untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di alam terbuka, tersedia juga lokasi camping ground dengan harga tiket masih sebesar 25.000 / orang.

Air Terjun Kembar Arum: Air Terjun Dengan Panorama yang Menawan

Wisata air terjun kembar arum

Sebagai kecamatan yang terkenal sebagai pemilik sumber mata air terbanyak, kecamatan Songgon memang memiliki banyak sekali object wisata air terjun yang tersembunyi. Air terjun Kembar Arum berlokasi di Dusun Sumberasih Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi.

Aliran dari air terjun Kembar Arum ini berasal dari air terjun Telunjuk Raung. Yang membedakan adalah Air terjun Telunjuk Raung ini berada di perkebunan bayu kidul, sedangkan air terjun Kembar Arum berada dekat dengan pemukiman warga.

Untuk menuju ke lokasi Air terjun kembar arum ini, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalanan setapak yang melewati bentangan persawahan yang indah. Sesampainya di lokasi, kita akan disuguhkan dengan suasana yang sejuk dan udara yang segar. Bagi pengunjung yang ingin berendam juga tersedia kolam yang dibuat dengan susunan bebatuan kali yang menambah kesan menawan.

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel tentang 5 Wisata Air Terjun Banyuwangi yang wajib kamu kunjungi. Dari keindahan Air Terjun Jagir hingga keunikan Air Terjun Kembar Arum, Banyuwangi menyajikan pesona alam yang memukau.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi destinasi ini dan rasakan keajaiban alam yang memukau. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, dan jangan lupa untuk berbagi dengan teman-temanmu. Terima kasih!

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *