5 Pantai Jogja Pasir Putih Yang Menawan

pantai jogja pasir putih
Pantai Jogja Pasir Putih

RekomendasiWisata.Com – Jogja! Selain terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya, ternyata Jogja juga punya pantai-pantai kece dengan pasir putih yang aduhai, lho! Bikin kamu nggak percaya? Yuk, simak pantai Jogja pasir putih yang wajib kamu kunjungi.

5 Rekomendasi Pantai Jogja Pasir Putih

Buat kamu yang saat ini sedang berlibur ke Yogyakarta dan ingin menikmati destinasi wisata pantai, berikut ini adalah 5 Rekomendasi pantai Jogja pasir putih.

Pantai Pok Tunggal

pok tunggal pantai jogja pasir putih

Pantai Jogja pasir putih yang pertama adalah pantai Pok Tunggal. Pantai ini terletak di Desa tepus, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Karena lokasinya yang berada di balok tebing, maka pantai ini mendapat julukan sebagai “The Hidden Paradise” atau Surga yang tersembunyi.

Nama pok tunggal sendiri di ambil dari sebuah pohon Duras dan satu-satunya yang tumbuh subur di pantai ini. Warga lokal sendiri menyakini bahwa keberadaan pohon Duras tersebut membawa keberkahan serta kemakmuran.

Pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih yang bersih serta airnya yang jernih, yang tentunya akan memanjakan mata ketika berkunjung ke pantai ini.

Meskipun pantai ini berhadapan langsung dengan samudra Hindia yang terkenal dengan ombaknya yang besar, namun ombak di pantai Pok Tunggal ini tergolong kecil dan landai. Hal tersebut menjadikan pantai ini menjadi tempat yang aman untuk melakukan aktifitas snorkeling dan berenang. Walaupun demikian, pengunjung tetap diharuskan mengutamakan keselamatan.

Disediakan juga beberapa payung bagi pengunjung yang hanya ingin bersanntai di tepi pantai sembari menikmati keindahan pemandangan yang ada di pantai ini.

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini tergolong cukup murah dan tidak menguras isi kantong, dimana hanya dikenakan tarif sebesar Rp 10.000,- / Orang. Harga tersebut masih belum termasuk tarif parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Untuk tarif parkir di kenakan harga sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Pantai Indrayanti

pantai indrayanti

Masih berada di desa Tepus, pantai Jogja pasir putih beriktunya adalah Pantai Indrayanti. Pantai ini memberikan panorama pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan pantai Pok Tunggal. Hamparan pasir putih, pemandangan pantai yang indah dan masih alami yang sangat cocok untuk tempat melepas penat, menjadikan pantai ini sebagai Primadona di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Awal mulanya pantai ini diberi nama nama Pantai Pulang Sawal, dan nama tersebut merupakan nama resmi yang dikenalkan oleh Pemerintah Daerah setempat. Namun dikalangan wisatawan, pantai ini lebih dikenal dengan nama pantai Indrayanti. Nama Indrayanti sendiri merupakan gabungan dari pemilik resto yang ada di sekitar pantai tersebut, yaitu pak Indra dan bu Yanti.

Seperti pantai Pok Tunggal, pantai ini menawarkan pemandangan laut pantai selatan yang indah dengan hamparan pasir putih dan air lautnya yang jernih. Kamu akan menemukan keindahan bukan hanya pemandangan sunset, melainkan suasana sejuk di pagi hari. Bukit-bukit yang berdiri kokoh di belakanga garis pantai, akan menambah keindahan dan daya tarik dari pantai ini.

Untuk berkunjung ke pantai ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tarif tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 10.000 per orang. Dan untuk wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, diharapkan menjaga kebersihan. Dan bagi wisatawan yang tidak mengindahkan peraturan tersebut dan masih membandel dengan membuang sampah semabaran, akan dikenakan denda sebesar Rp 10.000 oleh petugas.

Buat kamu yang ingin bermalam di pantai ini, tersedia juga penginaman yang berkonsep kembali ke alam yang tersedia di bukit-bukit dengan bentuk rumah panggung yang menyerupai rumah ada daerah Papua.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Murah Di Jogja

Pantai Watulawang

pantai watu lawang

Pantai Jogja pasir putih berikutnya adalah Pantai Watulawang yang masih merupakan satu lokasi dengan pantai pok tunggal dan Pantai Indrayanti yaitu berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya pantai ini berada di antara pantai Indrayanti yang berada di sebelah barat dan pantau Pok Tunggal yang berada di sebelah Timur.

Di pantai ini terdapat lokasi camping yang berada di atas tebing yang lengaung menghadap kelaut. Dengan melakukan camping di sini, kamu bisa menyaksikan pemandangan sunset dan sunrise yang sangat menawan dari lokasi camping.

Suasana pantai Watulawang masih tergolong tenang, hal tersebut dikarenakan belum banyak wisatawan yang mengenal pantai yang biasa digunakan untuk ritual adat upacara Nyadran oleh warga setempat. Pantai ini juga merupakan jejak napak tilas dari prabu Brawijaya IV.

Nama Watulawan sendiri diambil dari sebuah batu yang menyerupai pintu yang terdapat pada gua di pantai ini. Watu dalam bahasa jawa yang berarti Batu, dan lawang dalam bahasa jawa yang artinya adalah pintu.

Untuk fasilitas yang tersedia di tempat ini sudah termasuk mencukupi dengan adanya toilet, area parkir yang luas, warung makan dan minum serta tempat untuk berteduh.

Untuk akses menuju pantai ini masih berupa tanah dan bebatuan kapur yang hanya bisa dilalui oleh satu buah mobil dengan jarak kurang lebih 550m dari pantai Indrayanti, dengan waktu tempuh sekitar 5 menit.

Pantai Sadranan

pantai indrayanti

Pantai Jogja Pasir putih berikutnya adalah Pantai Sadranan yang berlokasi di Dusun Pulegundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta. Dipantai ini, kamu bisa melakukan berbagai aktifitas pantai selain bermain air ditepi pantai.

Sadranan berasal dari istilah nyadran, yang merupakan ritual adat warga lokal sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala kelimpahan rejeki. Ritual nyadran sering dilakukan oleh warga setempat yang berprofesi sebagai nelayan, sebagai bentuk ucapan rasa sukur atas melimpahnya hasil laut.

Kondisi ombak di pantai ini tergolong lebih tenang dibanding beberapa pantai yang berada di wilayah Gunung Kidul. hal tersebut dikarenakan adanya batu karang yang terletak di depan pantai yang menghalangi ombak dan menjadikannya lebih tenang ketika sampai di pantai.

Pantai Jogja pasir putih satu ini memiliki beberapa spot snorkeling yang indah. Kamu bisa menyewa peralatan snorkeling yang disediakan dengan tarif sebesar Rp 50.000, dan untuk kegianatan snorkeling, akan dipandu oleh pemandu untuk mencapai lokasi spot snorkeling dan menyaksikan keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya. Tersedia juga penyewaan perahu kano untuk wisatawan yang ingin mencoba mendayung perahu di seputaran wilayah pantai ini dengan tarif sebesar Rp 50.000 sudah beserta perlengkapan safetynya.

Beberapa fasilitas umum lainnya juga sudah tersedia di sini seperti toliet, mushola, warung makan, gazebo untuk bersantai dan juga area parkir yang luas. Harga tiket masuk ke pantai ini juga tergolong cukup murah, hanya sebesar Rp 10.000 per orang. Sedangkan tarif parkir nya hanya dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pantai Wohkudu

pantai wohkudu

Pantai Jogja pasir putih yang terakhir adalah Pantai Wohkudu.  Terletak di Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Kurang lebih sekitar 42 km dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 600 meter dari area parkir melalui jalan setapak berbatu. Setelah mencapai lokasi pantai, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang sangat luar biasa.

Pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih yang terhimpit dengan tebing di kanan dan kiri pantai, menjadikan tempat ini sebagai pantai Jogja pasir putih yang menawan. Ketika air laut sedang surut, kita bisa menyaksikan dasar pantai yang banyak terdapat batu karang dan beberapa biota laut berukuran kecil seperti ikan ataupun bintang laut.

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini termasuk sangat murah, yaitu hanya sebesar Rp 2.000 per orang. Namun jika ingin melakukan camping di pantai ini, dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan, dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Untuk fasilitas yang tersedia di pantai ini masih tergolong minim sekali, namu sudah tersedia fasilitas umum seperti mushola, toilet, area parkir dan beberapa warung makan.

Penutup

Itulah 5 rekomendasi pantai Jogja Pasir putih yang lawak kamu kunjungi ketika kamu sedang berkunjung ke Yogyakarta. Dengan hamparan pasir putih disepanjang pantainya, membuat pantai-pantai tersebut memiliki keindahan alam yang akan memanjakan mata sejauh mata memandang.

Segera rencanakan liburnmu bersama teman ataupun keluarga ke Yogyakarta dan nikmati pemndangan pantai Jogja pasir putih yang memukau. Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini kepada teman ataupun keluarga dan sampai bertemu pada ulasan wisata lain yang tidak kalah menariknya.

Cek Rekomendasi Wisata Lainnya di Google News RekomendasiWisata.Com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *