81 / 100 SEO Score

Beberapa wilayah di Indonesia memang selalu memiliki alasan untuk dikunjungi. Selain pantai dan keasrian alamnya, kini Jawa Timur menawarkan wisata telaga sarangan Magetan yang tak boleh dilewatkan.

Telaga sarangan, atau yang juga dikenal dengan nama β€œtelaga pasir”, merupakan salah satu tenaga alami terindah dan eksotis yang berada di ketinggian 1200 meter dari permukaan laut. Tegala sarangan di Magetan tersebut berada tepat di kaki pegunungan lawu. Beralamatkan di Ngluweng, Sarangan, kecamatan Plaosan, kabupaten Magetan, Jawa Timur, telaga sarangan menjadi alternatif bagi masyarakat Magetan dan sekitarnya untuk berakhir pekan.

Wisata Telaga Sarangan Magetan, Telaga Eksotis di Kaki Gunung Lawu

Pesona Telaga Sarangan

wisata telaga sarangan

Wisata telaga sarangan Magetan adalah salah satu destinasi terbaik di Magetan, yang berada di kaki gunung lawu. Telaga tersebut memiliki luas kira – kira 30 hektar dengan kedalaman sekitar 28 meter. Berkunjung ke telaga sarangan Anda akan merasakan pengalaman berlibur yang berbeda, sebab suhu udara di telaga sarangan mencapai 15 – 20 derajat celcius. Itu artinya telaga sarangan memang cocok dikunjungi saat Anda ingin melarikan diri sejenak dari ruwetnya rutinitas sehari – hari.

Berada di pegunungan, selain mendapat sensasi dingin layaknya di beberapa daerah pegunungan lainnya, di destinasi wisata telaga sarangan Magetan Anda juga akan mendapatkan pemandangan yang eksotis dan menakjubkan. Begitu tiba Anda akan langsung disambut dengan rimbunnya pepohonan yang sudah pasti akan semakin menambah syahdu suasana. Ditambah lagi air di telaga terindah di Indonesia tersebut sangat jernih dan bersih, bahkan mampu memantulkan bayangan – bayangan pegunungan.

Suasana hening dan udara yang dingin dijamin akan membuat siapa pun sulit untuk meranjak dari tempat tersebut. Maka tak heran jika tempat wisata di Magetan ini selalu sukses menarik minat banyak pengunjung dihampir setiap tahunnya. Telaga sarangan tidak hanya menyuguhkan suasana yang menenangkan, tetapi di sini Anda juga bisa menikmati beberapa fasilitas seru, seperti naik speedboad.

Dengan naik speedboad, maka Anda bisa berkeliling di telaga tersebut. Tak perlu khawatir, dari segi keselamatan Anda akan diberi pelampung yang siap digunakan saat berkendara. Tarif naik speedboad di telaga sarangan sangat terjangkau sekali, yakni Rp 60 ribu untuk kapasitas 3 – 4 orang per satu putaran dan Rp 150 ribu per tiga putaran.

Itu artinya, apabila Anda ingin lebih berhemat lagi saat naik speedboad di telaga sarangan, maka Anda bisa berkunjung ke objek wisata di Magetan tersebut secara rombongan atau ramai – ramai, baik bersama keluarga maupun sahabat dekatmu. Namun demikian, apabila Anda ingin menikmati suasana alam telaga sarangan dengan santai, alternatif lainnya adalah dengan mencoba naik kuda. Untuk tarif biaya yang dikenakan sangat terjangkau sekali, yakni Rp 50 ribu per satu putaran.

Berkeliling menikmati pesona indah telaga sarangan di Magetan pastinya menguras tenaga Anda, di telaga ini Anda juga bisa menikmati makanan dan minuman yang enak dan terjangkau. Salah satu kuliner di telaga sarangan Magetan yang wajib banget Anda coba adalah sate kelinci. Namun meskipun demikian juga ada kuliner lain yang tidak kalah lezatnya untuk dicicipi, seperti nasi rawon, jagung bakar, nasi pecel khas telaga sarangan, dan masih banyak lagi.

Berkunjung ke suatu wisata kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh – oleh untuk sanak saudara di rumah. Di wisata telaga sarangan Magetan ada beragam oleh – oleh khas Magetan yang bisa Anda bawa pulang. Mulai dari kerajinan tangan yang dibuat dari anyaman bambu, aksesoris, tanaman sayur hijau, dan berbagai jenis makanan ringan khas Jawa Timur.

Jika Anda salah satu pecinta makanan sehat, maka tidak ada salahnya untuk mampir ke pasar dekat wisata telaga sarangan Mageta. Di pasar inilah Anda akan mendapati beragam jenis sayur mayur segar yang baru dipetik dari pohonnya.

Rute Menuju Telaga Sarangan

keindahan telaga sarangan

Apabila Anda mengawali perjalanan dari kota Surabaya dan naik kendaraan umum, maka Anda bisa naik bus menuju Madiun, lalu cari kendaraan menuju Magetan. Setelah sampai di terminal Magetan, Anda bisa pindah ke angkutan umum menuju Sarangan.

Namun jika Anda dari kota Jakarta, Yogyakarta, atau Jawa Tengah, maka ada dua alternatif yang bisa dipilih, yakni naik bus atau kereta api. Apabila Anda memilih naik bus maka Anda bisa langsung cari bus yang menuju Solo dan turun di terminal Tritonadi. Setelah itu gunakan bus yang menuju ke Tawangmangu, dari sini Anda bisa cari angkutan umum menuju Sarangan.

Sementara itu apabila Anda menggunakan kereta api, maka Anda akan turun di stasiun Solo Balapan kemudia menuju ke terminal Tirtonadi dengan taksi, trans, maupun becak. Setelah itu rute yang harus dilalui sama seperti jika menggunakan bus.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Wisata telaga sarangan Magetan adalah salah satu destinasi wisata terbaik di kaki gunung lawu. Untuk menikmati keindahan alamnya ada biaya yang perlu Anda bayarkan terlebih dulu. Misalnya untuk orang dewasa Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 7.5 ribu per orang. Sedangkan anak – anak harga tiket masuk telaga sarangan Magetan adalah sekitar Rp 5 ribuan saja. 

Sementara itu untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 2.5 ribu dan Rp 5 ribu untuk parkir mobil. Karcis parkir bus seharga Rp 10 ribu.

Nah, itulah sekilas informasi yang bisa kami bagikan tentang wisata telaga sarangan Magetan, telaga eksotis di kaki gunung lawu. Semoga bermanfaat.