Wisata Curug Cilember: Pesona 7 Air Terjun dan Hutan Pinus

RekomendasiWisata.com – Halo sobat traveler, pengen liburan kemana nih? Kali ini rekomendasi wisata akan mengajak kamu kembali ke Bogor, Jawa Barat. Setelah kita mengeksplorasi keindahan Curug Leuwi Hejo, pada ulasan kali ini kita akan menjelajahi keindahan Curug Cilember yang tidak kalah mempesonanya. Pada ulasan wisata kali ini kita akan sama-sama mengeksplorasi pesona keindahan alam, lokasi, rute perjalanan hingga harga tiket masuk di curug ini. Jadi, baca ulasan ini sampai akhir ya.

Bogor sebagai salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa barat. Kabupaten yang di juluki sebagai kota hujan ini berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh pegunungan, sehingga memiliki udara yang masih sangat sejuk dan segar. Dengan banyaknya destinasi wisata alam yang ada di kabupaten tersebut, menjadikan Bogor sebagai tujuan wisata favorit bagi warga yang tinggak di wilayah jabodetabek.

Lokasi dan Rute Curug Cilember

Curug Cilember terletak di desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Jarak untuk menuju lokasi curug ini kurang lebih sekitar 38 km dari pusat kota Kabupaten Bogor. Untuk kamu yang dari arah Depok, bisa mencapai objek wisata ini melalui jalur puncak Bogor hingga sampai pada Hotel USSU Cisarua.

Selanjutnya, kamu cukup mengikuti arah penunjuk jalan saja yeng tarpasang di sepanjang jalan menuju lokasi curug Cilember hingga bertemu dengan pertigaan kemudian belok ke arah kanan. Dari pertigaan tersebut, kurang lebih 1,5km lagi kamu sudah sampai di lokasi curug cilember.

Tetapi jika kamu dari arah Jakarta, kamu bisa menggunakan KRL yang menuju ke Bogor. Kemudian kamu bisa menggunakan angkutan umum dengan tujuan Bubulak – Sukasari. Selanjutnya kamu bisa transit menggunakan angkutan umum dengan tujuan Sukasari – Cisarua, kemudian bisa lanjut menggunakan jasa ojek untuk bisa sampai pada curug Cilember.

7 Air Terjun Yang mempesona

7 curug cilember

Salah satu keunikan curug cilember ini dan menjadi daya tariknya adalah adanya 7 titik air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Dilansir dari situs pemerintahan kabupaten Bogor, Curug Cilember mempunyai 1 mata air, dimana mata air tersebut terbagi dan mengalir ke 7 titik air terjun.

Untuk jarak antara ke-7 air terjun tersebut juga tidak terlalu jauh, antara 150 meter sampai 450 meter. Hampir semua titik curug memiliki kolam air di bawah alirannya yang bisa di gunakan oleh pengunjung untuk berenang atau sekedar bermain air. Untuk masing-masing curug di lokasi ini pun diberi nama, dan untuk penamaannya menggunakan angka.

Tiap-tiap curug tersebut juga memiliki keunikannya masing-masing. Hal tersebut dikeranakan lokasi dari masing-masing curug yang berada di ketinggian dan lokasi yang berbeda-beda. Semakin tinggi lokasinya, maka rute untuk menuju ke lokasi curug semakin sulit dan menantang.

Hutan Pinus: Surga Tersembunyi di Tengah Kehijauan

274702187 143535151462831 3318827348278347386 n

Ketika menyusuri rute jalan setapak, kamu akan di suguhkan dengan vegetasi tumbuhan hutan tropis yang asri. Jajaran hutan Pinus yang indah dengan udara pegunungan yang sejuk, akan memberikan hiburan tersendiri bagi para pengunjung. Selain pinus, ada berbagai jenis pohon yang berusia puluhan atau bahkan ratusan tahun.

Keindahan alam yang masih sangat alami dan udara yang segar disepanjang perjalanan, ditambah suasana yang tenang akan menciptakan sebuah harmoni berwisata yang berbeda, bukan hanya jalan-jalan, namun juga sebuah perjalanan yang penuh dengan tantangan dan petualangan. Meski demikian, pengunjung di harap untuk tetap berhati-hati karena kondisi jalanannya yang cukup licin.

Taman Kupu-kupu: Surga Miniatur yang Memikat Hati

Kupu-kupu curug cilember

Setelah melewati pintu masuk, kita akan bertemu dengan bangunan berbentuk kubah yang memiliki konsep green house dan dengan sedikit elemen kaca di bangunan pintu masuknya. Bangunan tersebut merupakan taman kupu-kupu, dimana didalamnya terdapat 12 spesies kupu-kupu dengan warna yang berbeda-beda yang berterbangan didalamnya.

Di lahan dengan luas kurang lebih 500 m2 ini, di tanami dengan berbagai tanaman dan bunga beraneka warna. Keaneka ragaman jenis kupu-kupu yang ada di dalamnya ditangkar dan dikembangbiakan di dalam tempat konversi ini. Kamu juga bisa mempelajari bagaimana perjalanan seekor kupu-kupu mulai dari telur, kemudian menetas dan menjadi ulat hingga akhirnya berubah menjadi kempompong dan akhirnya lahirnya seekor kupu-kupu yang indah.

Camping Ground

camping ground curug cilember

Buat kamu yang ingin menikmati suasana malam di hutan yang masih asri, disediakan juga lokasi camping ground yang sudah dikenal oleh mmasyarakat sejak dulu. Jadi tidak heran jika sering kali masyaraat umum atau kegiatan pramuka mengadakan acara camping di tempat ini.

Terdapat 3 lokasi camping ground disini, camp Lembah Pakis, camp curug 5 dan camp curug 7. Disekitar lokasi camping juga disediakan berbagai peralatan camping yang bisa disewa, jadi bisa meminimalisir barang bawaan yang harus dibawa dari rumah.

Jungle Lodge: Villa Dengan Pemandangan Alam

277966256 1604660649900038 3998028785860525704 n

Wisata curug Cilember juga menyediakan tempat penginapan berupa villa atau pondok yang bisa kamu sewa yang lokasinya ada di sekitar air terjun atau wilayah hutan curug ini. Untuk tarif sewa permalamnya pun beraneka ragam, tergantung dari besar kecil nya bangunan villa atau pondok. Terdapat sekitar 6 bangunan villa atau pondok yang berbentung rumah-rumah panggung dengan bahan dasar bangunannya berupa kayu-kayu alami.

Tapi buat kamu yang tidak terbiasa dengan suana malam di tengah hutan, terdapat hotel atau penginapan di sekitar objek wisata jurug. Sedangkan untuk tarif permalam nya tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Selain fasilitas penginapan dan camping ground, terdapat juga fasilitas lainnya yang cukup lengkap seperti musholla yang cukup bersih, lapangan parkir kendaraan, kioskios makanan yang ada di sepanjang perjalanan menuju lokasi curug, dan juga toilet yang cukup terawat yang menjangkau hingga curug teratas. Disediakan juga bangku-bangku taman yang lengkap dengan tempat sampahnya di area wisata curug.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk ke curug cilember ini, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk tiket untuk masuk ke taman kupu-kupu atau Butterfly Park. Kamu akan dikenakan biaya lagi untuk masuk ke area taman kupu-kupu sebesar Rp 6.000 per orang.

Untuk biaya parkir, dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 untuk sepeda motor, dan untuk mobil atau roda 4 dikenakan tarif antara Rp 15.000 sampai Rp 20.000 tergantung dari ukuran mobil.

Akhir Kata

Sebagai penikmat keindahan, tentunya kita menginginkan kepuasan ketika kita berkunjung ke salah satu objek wisata. Di curug Cilember ini, kita akan menemukan pesona air terjun bersama dengan nuansa alami dengan udara yang terasa segar. Selain itu, kita juga dapat menikmati keindahan kupu-kupu yang ada di taman kupu-kupu dengan spesies dan warna yang beraneka ragam.

Segera atur jadwal perjalanan liburanmu baik bersama teman, ataupun keluarga. Dan jangan lupa untuk membagikan ulasan ini kepada mereka. Sampai jumpa pada rekomendasi wisata lain yang tentunya tidak kalah menariknya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *