Masuk dalam deretan pantai terindah di Kalimatan, pantai swarangan memang menarik sekali untuk dikunjungi saat berakhir pekan. Berbeda dengan wisata pantai pada umumnya, wisata pantai swarangan akan membuat momen liburanmu jadi lebih berkesan. Letaknya yang tersembunyi, keindahan pantai swarangan masih sangat alami, sebab jarang bahkan belum terjamah.

Seperti yang diketahui, wisata alam di Indonesia memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Wilayah Indonesia yang didominasi oleh perairan, tentu memiliki banyak tujuan wisata berupa pantai. Namun dari sekian banyak pantai indah di Indonesia, wisata pantai swarangan menjadi salah satu yang paling direkomendasikan.

Wisata Pantai Swarangan, Destinasi Terindah di Kalimantan

Pesona Pantai Swarangan

Pantai Swarangan, Kab. Tanah Laut

Seperti namanya, pantai terindah di Kalimantan ini berada di desa Swarangan, tepatnya di kecamatan Jorong, kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Berbeda dengan kebanyakan pantai indah Kalimantan yang populer, wisata pantai swarangan tidak ramai oleh kunjungan wisatawan. Alasannya, pantai tersebut letaknya tersembunyi sehingga masih belum banyak orang yang tahu keberadaannya.

Namun meskipun demikian, pesona pantai swarangan di Kalimantan sangat memukau. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai swarangan, mulai dari duduk santai di tepian pantai, bermain air, berenang, hingga menikmati keindahan panorama swarangan.

Dikarenakan gelombang di pantai tersembunyi di Kalimantan tersebut cukup besar, panjang, dan tinggi, sehingga cocok untuk pecinta selancar. Meskipun demikian, pantai swarangan terindah di Kalimantan tersebut tetap menarik untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang mencari ketenangan dan kedamaian saat rekreasi.

Karena letaknya yang tersembunyi, itu artinya Anda harus menyiapkan bekal dan camilan sendiri saat berkunjung ke pantai swarangan. Sebab, di pantai tersebut Anda tidak akan menemukan pedagang yang menjajakan makanan maupun minuman. Bahkan di pantai ini juga tidak ada pos pembayaran tiket, yang demikian cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat wisata gratis di Kalimantan.

Salah satu hal menarik dari destinasi wisata di Kalimantan tersebut adalah pemandangan matahari saat terbit juga tenggelam begitu indah, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya itu, air di pantai ini masih sangat jernih dengan pasir berwarna coklat. Di sekitar pantai ada banyak ditumbuhi oleh tanaman bakau, sebab kondisi permukaan pantai swarangan yang sangat landai, dan memiliki jarak yang relatif cukup panjang.

Sehingga yang demikian menjadi penyebab utama tanaman – tanaman bakau bisa tumbuh subur di pantai swarangan. Tidak hanya hutan bakau saja, di pantai Kalimantan yang tersembunyi tersebut Anda juga bisa mendapati beberapa jenis tumbuhan lain, seperti pohon pinus.

Berkunjung ke pantai swarangan di Kalimantan Anda bisa melihat secara langsung aktifitas penduduk sekitar. Jangan heran kalau Anda juga akan mencium bau ikan asin, karena penduduk sekitar lokasi kerap kali menjemur ikan hasil tangkapan di depan rumahnya.

Wisata pantai swarangan hanya berjarak sekitar 117 kilometer dari Banjarmasin, atau kurang lebih sekitar 52 kilometer dari ibukota Tanah Laut Pelaihari. Pantai swarangan bisa ditempuh selama 3 – 4 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Dikarenakan masih belum terjamah, sehingga pantai swarangan di Kalimantan tersebut sangat cocok untuk yang ingin menenangkan hati dan pikiran. Tidak hanya itu, pantai swarangan juga menawarkan pemandangan yang begitu indah. Tak heran jika pantai tersebut kerap kali membuat pengunjungnya enggan untuk beranjak.  

Uniknya, di pantai swarangan ada sebuah dermaga pelabuhan, yang mana meskipun proses pembangunannya dibiarkan begitu saja ternyata memiliki daya pikat tersendiri. Di dermaga inilah Anda bisa mencoba berfoto selfie atau berswafoto sepuasnya. Menariknya, pantai swarangan digadang – gadang memiliki pantai yang lebih panjang dari pantai ancol yang populer di Jakarta. Tapi sayangnya, fasilitas yang ditawarkan di pantai swarangan terbilang sangat minim.

Jika berbicara lebih lanjut mengenai jam operasionalnya, pantai swarangan buka setiap hari selama 24 jam. Itu berarti Anda bisa berkunjung kapan pun Anda inginkan. Berkunjung ke pantai swarangan serasa sedang berada di pantai milik pribadi karena memang tidak terlalu ramai seperti pada kebanyakan pantai di Kalimatan yang populer.

Rute Menuju Wisata Pantai Swarangan

pantai swarangan

Sebenarnya jalan menuju destinasi wisata pantai swarangan di Kalimantan sudah cukup bagus, sebab seluruh jalan sudah dikeraskan dengan aspal. Oleh karenanya lintasan menuju pantai indah Kalimantan tersebut bisa ditempuh, baik dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Apabila Anda melakukan perjalanan dari kota Banjarmasin, maka Anda bisa mulai berjalan dari jalan Kapten Piere Tendean. Ambil jalan ke arah kanan menuju jalan Aes Nasution. Lalu, sekitar 800 meter, Anda bisa menuju ke jalan Veteran Sungai Bilu dan dilanjutkan masuk ke jalan Kapten Piere Tendean.

Sementara itu pada perempatan jalan Ahmad Yani sendiri Anda bisa langsung menuju ke jalan Ahmad Yani dan ikuti jalan tersebut hingga ke jalan Tungkaran Naik di Jorong. Setelah sampai di pertigaan jalan Tungkaran Naik, silakan menuju jalan Tungkaran Naik. Ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di pantai swarangan.

Apabila Anda memang tertarik untuk berkunjung ke pantai swarangan, maka ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Selain membawa bekal makanan dan minuman Anda disarankan untuk selalu membawa sunblock, sebagai langkah antisipasi.

Hindari berkunjung ke pantai swarangan di malam hari demi alasan keamanan. Karena di sekitar lokasi wisata tidak ada penjaga yang akan mengawasi keamanan Anda selama liburan ke pantai tersebut. Anda juga tidak disarankan datang seorang diri. Akan lebih bijak lagi jika datang berdua atau ramai – ramai untuk memudahkan antisipasi terhadap hal – hal yang tak diinginkan.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang wisata pantai swarangan, destinasi terindah di Kalimantan. Semoga bermanfaat.