Pantai Semeti: Dapatkan Pesona Raja Ampat di Pulau Lombok

pantai semeti lombok
Pantai Semeti Lombok

RekomendasiWisata.ComPantai Semeti bisa dikatakan sebagai surga tersembunyi dan jauh dari kebisingan kota yang berada di Lombok Tengah. Apa saja pesona alam yang ada di pantai ini? Kali ini rekomendasi wisata akan mencoba mengulas segala hal tentang pesona alam yang ada di pantai ini, dan berikut adalah ulasannya.

Lokasi Pantai Semeti Lombok

Pantai Semeti berada di Lombok Tengah, tepatnya berada di Jalan Pantai Mawi, Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Jika dari Bandara Internasional Lombok, ikuti jalan menuju arah pantai Kuta Lombok. Ruti ini bisa dikatakan rute terjauh, namun disepanjang perjalanan kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang memukau.

Selain rute tersebut diatas, ada juga rute alternatif yang jaraknya relatif dekat dengan melewati rute sepanjang pantai Selong Belanak. Tapi sayangnya, jika kamu memilih rute ini kamu tidak akan bisa menyaksikan pemandangan alam seperti yang terdapat pada rute sebelumnya.

Rute Pantai Semeti Lombok

Walaupun lokasi pantai ini cukup jauh dari pusat Kota Praya, namun tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk menikmati keindahan alamnya. Kamu hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 50 hingga 60 menit dari pusat kota Praya.

Untuk wisatawan yang akan berkunjung ke pantai ini, diharapkan untuk berhati-hati. Hal ini dikarenakan rute menuju lokasi pantai ini terbilang cukup sulit karena kamu harus melewati jalanan yang berlumpur dan banyak bebatuan.

Spot Batuan Karang Dan Deburan Ombak

Di pantai ini kamu akan melihat aneka bentuk batu karang, hal tersebutlah yang menyebabkan banyak orang yang menyebut bahwa pantai ini adalah Raja Ampat yang ada di Lombok. Bebatuan karang yang beranekan bentuk inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Jika diperhatikan bebatuan karang yang ada di pantai ini nampak seperti pagar dan hal itulah yang yang menjadikan lokasi bebatuan karang ini menjadi spot favorit dari pengunjung.

Ada salah satu moment yang paling menarik perhatian para wisatawan untuk mengambil gambar di tempat ini, yaitu ketika ombak datang dan terpecah ketika menghantam deretan bebatuan karang yang ada. Selain itu, tebing batu karang yang ada ini pantai ini memiliki warna gradasi kecoklatan, hitan dan juga abu-abu, sehingga menambah keindahan pemandangan yang tentunya akan membuat kamu semakin terpesona. Tidak jarang juga wisata menjadikan tebing-tebing batuan karang ini sebagai latar belakang foto mereka.

Selain menikmati keindahan pemandangan, kamu juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti berenang atau sekedar bermain air di pantai, snorkeling menikmati keindahan pemandangan bawah laut, atau memancing di tebing bebatuan karang. Tapi tetap selalu berhati-hati ketika melakukan aktifitas di pantai ini.

batu karang pantai semeti

Pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih ketika air pasang maupun air surut. Dan jika kamu ingin menyaksikan keindahan panorama alam yang lebih luar biasa, kamu bisa naik ke puncak tebing bebatuan karang yang ada di pantai ini.

Baca Juga: Megungkap Pesona Taman Nasionak Komodo

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk harga tiket masuk ke kawasan pantai semeti ini, terdapat perbedaan antara wisatawan domestik dengan wisatawan asing.

Untuk wisatawan domestik atau lokal, akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda dua dan untuk pengunjung yang membawa kendaraan roda empat (mobil) akan di kenakan tarif sebesar Rp 10.000.

Untuk wisatawan asing tarif yang berlaku adalah sebesar Rp 10.000 untuk yang membawa kendaraan roda dua dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing yang membawa kendaraan mobil. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Untuk jam buka, pantai semeti ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun demikian, karena lokasinya yang jauh dari permukinan, wisatawan diharapkan sudah meninggalkan lokasi ketik sore hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penutup

Itulah ulasan tentang pantai semeti yang ada di Lombok Tengah. Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa pantai ini adalah Raja Ampat di Pulau Lombok, hal tersebut di karenakan deretan bebatuan karang yang membuat pantai ini menyerupai Raja Ampat yang ada di Papua.

Sedikit tip untuk kamu yang akan berkunjung ke pantai ini :

  • Bawalah bekal dari rumah, hal tersebut karena di pantai ini belum terdapat wakrung makanan.
  • Selalu jaga kebersihan dimanapun berada.
  • Jangan lupa untuk mengenakan topi, kacamata hitam dan juga tabir surya untuk melindungi kamu dari. teriknya panas matahari.
  • Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti.
  • Hindari berkunjung ke pantai semeti ketika musim penghujan, menginat rute menuju lokasi pantai ini sedikit terjal.

Jangan lupa untuk membagikan ulasan ini kepada teman ataupun kerabat dan sampai bertemu pada ulasan rekomendasi wisata lain yang tentunya tidak kalah menariknya. Selamat berlibur

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *